Senin, 14 Des 2020 18:00 WIB

Pasutri! Ini 10 Cara Alami Dongkrak Libido, Bikin Tahan Lama di Ranjang

Zintan Prihatini - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap orang memiliki libido atau dorongan seks alami yang beragam. Hasrat seksual yang rendah tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika kamu ingin meningkatkan libido maka bisa mencoba berbagai metode alami yang efektif.

Beberapa faktor yang bisa memengaruhi turunnya libido adalah kecemasan, kesulitan hubungan, masalah kesehatan, dan usia. Meskipun libido rendah tak menimbulkan masalah, namun hal itu dapat memengaruhi hubungan pasutri.

Dikutip dari Medical News Today, berikut 10 cara meningkatkan libido bagi pria dan wanita.

1. Mengatur rasa cemas

Kecemasan yang tinggi merupakan penghalang bagi libido, baik pada pria maupun wanita. Biasanya rasa cemas muncul karena stres dengan beban pekerjaan maupun kelelahan.

Studi pada 2017 mengenai disfungsi ereksi pada pria muda menunjukkan bahwa depresi dan kecemasan dapat menyebabkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual. Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk mengelola kecemasan di antaranya kualitas tidur yang baik, melakukan hobi, berolahraga, hingga melakukan terapi.

2. Luangkan waktu lebih dengan pasangan

Banyak orang yang mengalami penurunan hasrat seksual akibat terlalu lama bersama dan merasa seks tidak berjalan dengan baik. Rencanakan kencan berdua dengan melakukan aktivitas bersama di luar rumah dan berkomunikasi satu sama lain supaya hubungan tetap terjaga.

3. Fokus pada foreplay

Dalam banyak kasus, orang dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral. Bagi wanita, foreplay mungkin sangat penting.

Penelitian pada 2017 sekitar 18 persen wanita hanya orgasme dari seks saja, sementara 33,6 persen wanita melaporkan bahwa rangsangan klitoris diperlukan agar mereka bisa orgasme.

4. Tidur cukup

Tidur cukup meningkatkan suasana hati, energi, dan libido. Studi menemukan bahwa wanita yang tidur lebih banyak saat malm meningkatkan hasrat seksual mereka keesokan harinya.

Wanita yang melaporkan tidur berkualitas memiliki gairah yang lebih baik daripada mereka yang waktu tidurnya pendek.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Makan makanan bergizi dapat mendorong hasrat seksual, meningkatkan sirkulasi yang baik, dan kesehatan jantung. Sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular dapat memengaruhi fungsi seksual fisik.

Selain itu, sindrom ovarium polikistik juga memengaruhi kadar hormon yang dapat mengganggu libido. Mengonsumsi makanan seperti sayur, makanan rendah gula, dan tinggi protein tanpa lemak dapat membantu mencegah penurunan libido.

6. Obat herbal

Meski belum terbukti efektif, studi menemukan bahwa pengobatan herbal dapat meningkatkan fungsi seksual. Herbal yang bisa dikonsumsi untuk meningkatka libido yaitu akar maca, tribulus, gingko, dan ginseng.

Namun, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu sebaiknya kamu mendiskusikannya dengan dokter terkait keamanan herbal yang dikonsumsi.

Intip beberapa cara lainnya biar kamu dan pasangan bisa tahan lama di ranjang, selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]