Senin, 28 Des 2020 20:30 WIB

5 Hal soal Payudara Normal Meski Ada Benjolan dan Berbeda Ukuran

Kanya Anindita - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed 5 hal soal payudara normal meski ada benjolan dan ukurannya berbeda. (Foto: iStock)
Jakarta -

Payudara menjadi salah satu bagian organ tubuh yang sering dikhawatirkan para wanita. Banyak dari mereka merasa kurang percaya diri dengan ukuran payudara yang dimiliki.

Selain itu, mereka menganggap nyeri payudara sebagai pertanda terdapat penyakit serius. Padahal, ada beberapa keadaan di mana nyeri payudara merupakan hal normal yang dialami oleh ibu-ibu.

Dikutip dari Selfcom, berikut 5 hal yang menandakan payudara dalam keadaan normal:

1. Benjolan di payudara

Jika terjadi benjolan pada payudara, ibu-ibu tidak perlu khawatir karena beberapa wanita membentuk kista payudara jinak (bersifat non-kanker) sehingga payudara terasa kental. Apabila benjolan mulai mengganggu kenyamanan, tidak salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter.

"Sering-seringlah memeriksanya sehingga Anda tahu keadaan payudara dan adanya perubahan yang terjadi," kata Richard Reitherman, M.D., Ph.D., direktur medis pencitraan payudara di MemorialCare Breast Center di Orange Coast Memorial Medical Center, Fountain Valley, California.

2. Nyeri payudara

Hal ini biasa terjadi saat menstruasi, namun nyeri payudara akan hilang dengan sendirinya. Nyeri payudara bisa disebabkan oleh asupan kopi yang terlau banyak serta pemasangan bra yang tidak pas.

Namun, jika terjadi pembengkakan payudara serta kulit area payudara yang mulai mengendur, segera periksa ke dokter karena ditakutkan adanya peradangan kanker payudara.

3. Perbedaan ukuran payudara

Pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, M.D, mengatakan ukuran berbeda pada kedua payudara merupakan hal yang lumrah terjadi. Hal ini bukan pertanda penyakit, melainkan karena perubahan postur dan berat badan.

"Sangat umum jika payudara memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Kebanyakan orang tidak akan menyadari perbedaannya, tetapi itu terjadi pada lebih dari setengah wanita," ungkapnya.

4. Bekas luka (stretch marks) di payudara

Stretch marks di payudara biasa terjadi akibat kenaikan berat badan yang drastis misalnya saat kehamilan. Remaja yang baru pubertas juga kadang mengalami stretch marks saat payudara mulai membesar.

5. Variasi warna kulit di payudara

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, variasi kulit di payudara merupakan hal normal dan akan menghilang dengan sendirinya. Kulit payudara Anda bisa berubah karena perubahan hormon dan paparan sinar matahari.

Jika perubahan warna kulit di payudara tidak kunjung membaik, sebaiknya periksa ke dokter karena ditakutkan terjadi masalah pada payudara Anda.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)