Kamis, 31 Des 2020 21:00 WIB

8 Fakta Puting Payudara Wanita, Termasuk Punya 8 Bentuk dan Bisa Berubah Warna

Kanya Anindita - detikHealth
Ilustrasi payudara 8 fakta soal puting payudara wanita yang perlu diketahui. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta -

Payudara menjadi salah satu faktor peningkat rasa percaya diri pada wanita. Terlebih lagi jika memiliki bentuk puting payudara yang baik, biasanya dapat meningkatkan gairah seks.

Sebenarnya puting payudara memiliki sejumlah fakta yang jarang diketahui, salah satunya ukurannya yang bisa berubah. Apa saja fakta menarik lainnya seputar puting payudara?

Dikutip dari Healthline, berikut 8 fakta payudara wanita:

1. Memiliki 4 sampai 8 bentuk

Puting payudara ternyata memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari rata menonjol, terbalik, hingga bentuk yang tidak bisa diklasifikasikan. Ada juga yang memiliki bentuk puting berbeda pada setiap payudara, misalnya satu menonjol dan satunya terbalik.

2. Puting bisa pecah-pecah

Dalam sebuah penelitian di Brazil, 32 persen wanita melaporkan mengalami puting pecah-pecah akibat menyusui di bulan pertama setelah melahirkan. Tetapi jika Anda tidak sedang menyusui, olahraga yang dilakukan mungkin menjadi penyebab bibir merah, gatal, atau bersisik. Gunakan bra olahraga yang tepat untuk melindungi puting.

3. Puting meningkatkan gairah seksual

Sebelum berhubungan seks, memainkan puting wanita sering dilakukan oleh pasutri. Hal tersebut dapat meningkatkan gairah seksual pada 82 persen wanita dan 52 persen pria.

4. Puting bisa berubah warna

Kebanyakan puting berubah warna terjadi pada wanita setelah melahirkan. Hal ini bisa terjadi akibat menyusui dan semakin bertambahnya usia, puting berubah menjadi warna gelap.

5. Operasi payudara dapat mempengaruhi sensitivitas puting

Operasi membesarkan payudara sering dilakukan oleh wanita untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Operasi tersebut ternyata menimbulkan risiko nyeri pada puting.

6. Puting menonjol ke dalam itu normal

Kondisi di mana puting menonjol ke dalam merupakan hal biasa yang terjadi pada wanita. Puting yang membengkok cenderung hilang setelah menyusui bayi. Suhu dingin juga dapat menyebabkan puting menonjol untuk sementara.

7. Puting memiliki rambut

Benjolan kecil di sekitar puting merupakan folikel rambut yang pasti dimiliki pria maupun wanita. Adanya folikel memicu pertumbuhan rambut di area puting.

Rambut-rambut ini mungkin terlihat lebih gelap dan lebih keriting daripada rambut lain di bagian tubuh. Jika merasa terganggu, Anda bisa mencukurnya sama seperti Anda mencukur rambut lain.

8. Ukuran puting bisa berubah

Hal ini sering terjadi pada wanita pada masa kehamilan. Satu studi tahun 2013 dari 56 wanita hamil menunjukkan bahwa puting mereka tumbuh panjang dan lebar selama penelitian dan kehamilan mereka. Lebar areola mereka juga meningkat secara signifikan.



Simak Video "Ladies! Berikut Kriteria Payudara Dikatakan Ideal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)