Kamis, 07 Jan 2021 21:26 WIB

10 Tips yang Bisa Bikin Produksi Sperma Makin Melimpah

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi sperma Tips agar produksi sperma makin melimpah (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada banyak cara alami untuk meningkatkan kesuburan pria, di antaranya mengonsumsi makanan yang meningkatkan jumlah sperma hingga suplemen asam folat. Di samping itu, ada tips dari ahli tentang cara meningkatkan jumlah sperma dengan mudah, alami dan, efektif.

Bagi pasutri yang ingin memiliki bayi, sperma berkualitas pria sangat dibutuhkan. Ini berarti perubahan pada pola makan dan gaya hidup dapat membuat sperma berkualitas dan melimpah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kebiasaan yang bisa meningkatkan jumlah sperma berdasarkan saran ahli fertilitas di Zita West Fertility Clinic, di London, Zita West.

1. Berhenti atau kurangi kebiasaan merokok

Merokok terbukti mengurangi jumlah sperma sebanyak 23 persen, jadi jika ingin memperbanyak jumlah sperma berkualitas mungkin sekaranglah waktu yang tepat untuk berhenti.

"Merokok menghilangkan nutrisi penting tubuh untuk produksi sperma," ujar West.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat disarankan agar sperma pada pria lebih banyak diproduksi. Hal itu dikarenakan, tidur yang cukup dapat membantu menyehatkan tubuh.

3. Hindari menaruh laptop di atas paha

Banyak orang, termasuk pria yang meletakan laptop di pangkuannya sepanjang waktu. Melakukan hal tersebut dapat merusak kesuburan karena laptop mengeluarkan panas yang dapat merusak kualitas sperma.

4. Hindari obat-obatan tertentu

Diskusi dengan dokter diperlukan untuk menghentikan pengobatan yang sedang dijalani. Beberapa obat diketahui dapat menurunkan produksi sperma yang sehat, termasuk antibiotik, anti-androgen, anti-inflamasi, antipsikotik, kortikosteriods, steriods anabolik, testosteron eksogen, dan metadon.

Dalam banyak kasus, setelah seseorang berhenti minum obat tersebut, spermanya kembali normal atau meningkat.

5. Rutin berolahraga

"Berolahraga dan menjaga kebugaran memang bermanfaat saat Anda mencoba untuk hamil, tetapi sekali lagi penting agar tidak terlalu berlebihan," kata West.

Penelitian yang dilakukan pada pria obesitas menunjukkan bahwa jumlah sperma meningkat saat mereka menurunkan berat badan sebanyak 95 persen.

Apa saja makanan yang bisa meningkatkan jumlah sperma? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]