Senin, 11 Jan 2021 19:31 WIB

10 Manfaat Bercinta, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Zintan Prihatini - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Berbagai manfaat bercinta, termasuk untuk kesehatan mental. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Berhubungan seks merupakan pendorong suasana hati yang lebih baik dan dapat mengurangi stres karena beban pekerjaan. Hal itu dikarenakan seks bisa melepaskan hormon bahagia yang dikenal sebagai dopamin.

Saat melakukan hubungan seksual, tubuh mengeluarkan hormon tersebut yang bisa meningkatkan suasana hati.

"Seks bukan hanya seputar kesenangan. Sama seperti makanan, seks adalah bagian penting dalam hidup. Selain reproduksi, seks adalah tentang keintiman dan keinginan," tutur psikolog Fatima Alam.

"Kami tidak dapat menyangkal manfaat terapeutik yang dimilikinya. Seks mungkin hal yang tak terduga," lanjutnya.

Penelitian menunjukkan bahwa individu yang aktif secara seksual cenderung memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.

Dikutip dari Healtshots, berikut enam manfaat fisik yang didapatkan dari berhubungan seks.

1. Meningkatkan sistem kekebalan

Orang yang berhubungan seks secara teratur cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Hal ini karena seks membantu tubuh memproduksi lebih banyak antibodi melawan bakteri dan virus, mengurangi risiko berbagai penyakit.

2. Meningkatkan libido

Seks dapat meningkatkan gairah seksual, khususnya pada wanita.

"Aliran darah vagina meningkat saat berhubungan (seks). Vagina memperoleh lebih banyak elastisitas yang menghasilkan peningkatan kontrol kandung kemih, suatu kondisi yang biasanya dihadapi wanita seiring bertambahnya usia. Seks juga bisa meningkatkan lubrikasi dan kesuburan," jelas Alam.

3. Membakar kalori

Seks bagus sebagai latihan fisik. Banyak otot terlibat saat melakukan seks, terutama otot panggul. Jadi, berhubungan seks dapat membantu membakar kalori.

4. Mengurangi rasa sakit

Seks dapat membantu mengurangi rasa sakit karena menghasilkan pelepasan endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Seks dapat mengatur kadar hormon dan berkontribusi secara signifikan pada pengurangan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Terlebih lagi, berhubungan seks dapat mengurangi tekanan darah.

6. Mengurangi risiko kanker prostat

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Ini juga meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma," ujar Alam.

Selain manfaat fisik, seks ternyata bermanfaat bagi kesehatan mental, apa saja? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]