Jumat, 15 Jan 2021 19:37 WIB

5 Tips Jaga Stamina Agar Tak 'Ngos-ngosan' Saat Bercinta

Zintan Prihatini - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Tips jaga stamina saat bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Menjaga stamina saat sesi bercinta merupakan hal yang sangat penting. Saat berhubungan seks, ada kepuasan yang diberikan kepada pasangan.

Saat berhubungan seks tubuh akan merasa lelah, dan bisa diatasi dengan berbagai cara salah satunya adalah istirahat. Berolahraga, mengubah gaya hidup, serta mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan stamina saat bercinta.

Dikutip dari Healthline, berikut lima cara meningkatkan stamina seksual pada pria maupun wanita.

1. Olahraga

Jika ingin meningkatkan stamina, Anda perlu membangun kekuatan dengan berolahraga secara rutin. Tubuh yang kuat memungkinkan seseorang bertahan lama saat berhubungan seks. Beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan di antaranya mengangkat beban, sit-up, plank, kegel, serta squat.

2. Konsumsi makanan bernutrisi

Bagi pria yang ingin meningkatkan stamina bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino alami meliputi semangka, bawang bombai, bawang putih, kacang-kacangan, daging merah, dan coklat hitam. Sedangkan bagi wanita, konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat seperti alpukat, kacang-kacangan, buncis kering, kacang polong, brokoli, bayam, serta asparagus.

3. Konsumsi herbal

Bagi pria, beberapa herbal disarankan untuk dikonsumsi guna meningkatkan stamina seksual, di antaranya ginseng dan catuaba yang dipercaya dapat memperbaiki gejala disfungsi ereksi, serta goji berry yang dapat meningkatkan kadar testosteron dan mengobati disfungsi ereksi.

Wanita bisa meningkatkan stamina dengan mengonsumsi herbal seperti ginkgo biloba yang dapat memberikan dorongan seks, serta ashwagandha atau ginseng asal India yang meningkatkan libido dan stamina dengan mengatur hormon seks.

4. Batasi asupan alkohol

Alkohol memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda, tetapi secara keseluruhan minum alkohol terlalu banyak sebelum berhubungan seks dapat menumpulkan sensasi dan membuat lebih sulit untuk terangsang.

5. Foreplay dan menggunakan pelumas

Sebelum berhubungan seks, pastikan untuk foreplay karena hal itu penting. Selain itu, gunakan pelumas yang bisa membuat seks lebih menyenangkan dengan mengurangi gesekan.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)