Jumat, 22 Jan 2021 20:36 WIB

Masturbasi Bisa Redakan Kram Menstruasi? Begini Riset Ilmiahnya

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi masturbasi Masturbasi meredakan kram menstruasi? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Saat mengalami nyeri atau kram menstruasi, biasanya para wanita akan meringkuk di tempat tidur dengan botol air panas menempel di perut untuk meredakan sakitnya. Masturbasi mungkin bisa membantu meredakan nyeri itu karena dapat mengalihkan pikiran dari rasa sakit.

Dikutip dari Asiaone, penelitian yang dilakukan oleh University of Charlottesville, partisipan wanita mengaku paling menikmati masturbasi ketika mereka sedang menstruasi. Hal itu juga dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman yang dialami selama menstruasi.

Penelitian lain dilakukan oleh University of Chicago yang menunjukkan bahwa ada fase enam hari selama siklus bulanan peserta penelitian ketika gairah seks mereka tampak lebih tinggi, dan itu bertepatan dengan jadwal menstruasi mereka.

Ini bisa jadi karena kadar testosteron sedikit lebih tinggi dari biasanya yang memengaruhi libido. Para wanita dalam penelitian tersebut tidak hanya menemukan diri mereka merasa lebih aktif secara seksual, mereka bahkan memiliki lebih banyak fantasi seksual.

Masturbasi saat menstruasi mungkin merupakan cara yang baik untuk mencapai orgasme. Selain meningkatkan libido, kadar testosteron yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan orgasme yang lebih intens dan menyenangkan.

Kram menstruasi bisa menjadi kondisi yang menyakitkan. Tindakan masturbasi dapat membantu meringankan sebagian rasa sakit kram menstruasi.

Saat orgasme, aliran darah akan meningkat ke alat kelamin. Peningkatan aliran darah dan pelepasan hormon oksitosin tubuh selama orgasme tersebut yang dapat membantu meredakan nyeri secara alami.

Beberapa manfaat lain dari masturbasi selama menstruasi di antaranya:

1. Tidur lebih berkualitas

Masturbasi dapat memicu pelepasan zat kimia yang disebut endorfin yang membantu tubuh lebih rileks. Hormon oksitosin juga dapat memberikan efek menenangkan dan memberikan efek mengantuk setelah mencapai klimaks.

2. Meningkatkan suasana hati

Ketika sedang menstruasi, suasana hati biasanya akan naik-turun bahkan beberapa orang merasa sedih. Diketahui bahwa melakuka masturbasi melepaskan endorfin selama orgasme, hal itu dapat membantu memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Lebih aman dibanding penetrasi seksual

Masturbasi saat sedang haid tidak akan memengaruhi siklusnya atau menyebabkan efek samping negatif. Masturbasi adalah aktivitas normal dan sehat yang bisa dilakukan setiap hari, terlepas dari pro dan kontra yang menyertainya.

Perhatikan selalu kebersihan saat menstruasi. Selain itu, pastikan untuk membersihkan bagian intim dengan benar karena kamu akan lebih rentan terhadap infeksi selama menstruasi.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)