Rabu, 27 Jan 2021 19:33 WIB

Penasaran Berapa Rata-rata Ukuran Mr P Pria? Ini Hasil Studinya

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi ereksi Rata-rata ukuran Mr P. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Ukuran penis bagi pria mungkin dianggap paling penting. Namun, pakar seks biasanya mengatakan bahwa ukuran penis justru tidak terlalu penting.

Di sisi lain, ukuran penis yang kecil biasanya membuat para pria menjadi khawatir. Ilmuwan telah meneliti ukuran penis, dan mereka menemukan rata-rata panjang dan lebar penis.

Berapa ukuran rata-rata penis?

Studi tahun 2014 pada lebih dari 15.000 pria yang diterbitkan dalam The British Journal of Urology, menemukan bahwa rata-rata penis memiliki panjang 3,61 inci dan lingkar 3,67 inci atau sekitar 9 sentimeter. Sedangkan rata-rata penis ereksi berukuran panjang 5,17 inci atau 13,3 sentimeter dan lingkar 4,59 inci sekitar 11 sentimeter.

Meskipun ini adalah rata-rata resmi, bukan berarti penis seorang pria akan memiliki ukuran yang sama setiap saat.

Dokter sekaligus penulis medis kesehatan pria di Roman, dr Mike Bohl, menunjukkan bahwa suhu adalah salah satu faktor yang dapat mengubah ukuran penis.

"Misalnya, saat sedang tak ereksi, penis yang lembek mungkin tampak lebih kecil," tutur dr Bohl seperti dikutip dari Health.

Mengapa ukuran penis bervariasi?

dr Bohl mengungkapkan bahwa ukuran penis bisa berbeda-beda di antara anggota keluarga.

"Selama penis melakukan fungsinya dengan baik, yaitu reproduksi, genetika yang membentuk penis itu akan diturunkan," tambah dr Bohl.

Bisakah pria mengubah ukuran penis mereka?

"Salah satu cara yang terbukti mengubah ukuran penis adalah melalui operasi pembesaran penis," jelas Bohl.

Ia menuturkan, dalam operasi pembesaran penis, ligamen yang menahan ereksi akan dipotong, yang membuatnya terlihat lebih panjang. Namun sisi negatif dari tindakan tersebut bisa memengaruhi ereksi.

Apakah ada cara membuat penis terlihat lebih besar?

Beberapa trik sederhana dapat dilakukan untuk membuat penis terlihat lebih besar dari yang sebenarnya, tanpa operasi apapun.

"Menurunkan berat badan atau memangkas rambut kemaluan adalah cara untuk membuat penis lebih terlihat, yang mungkin membuatnya tampak seperti lebih panjang," pungkasnya.



Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)