Jumat, 12 Feb 2021 22:00 WIB

Sperma Tak Sengaja Tertelan Saat Seks Oral, Ini Efeknya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi sperma Efek pada kesehatan jika tak sengaja menelan sperma saat melakukan seks oral. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Seks oral merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan saat bercinta. Namun, terkadang sebagian orang mungkin tak sengaja menelan sperma ketika sang suami mengalami ejakulasi.

Apa efeknya jika sperma tertelan?

Ahli urologi dari Northwestern Memorial Hospital, Nelson Benett, MD, mengatakan bahwa 80 persen dari sperma adalah air. Selain itu, sperma juga mengandung protein dan asam amino.

"(Sperma) ini mengandung fruktosa dan glukosa, seng, kalsium, vitamin C, dan beberapa nutrisi lainnya," ucap Bennet, dikutip dari Men's Health.

Meski disebut memiliki beberapa kandungan nutrisi, menelan sperma juga bisa berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah risiko terkena penyakit infeksi menular seksual (IMS).

"Mengingat (sperma) itu adalah cairan tubuh, ini bisa berisiko telah terkontaminasi IMS," ujar Dr Evan Goldstein, ahli proktologi dari Bespoke Surgical.

Menurut Goldstein, IMS yang ditularkan bisa berupa klamidia, kencing nanah, human papillomavirus (HPV) dan human immunodeficiency virus (HIV).

Seorang peneliti dari Kinsey Institute, Dr Justin Lehmiller, PhD, berpendapat bahwa IMS juga bisa menular meski spermanya tidak tertelan.

"Ini bukan masalah apakah kamu menelan sperma atau tidak, tetapi risikonya berasal dari ejakulasi yang terjadi di dalam mulutmu," kata Lehmiller.

Oleh karena itu, Lehmiller lebih menyarankan untuk menggunakan kondom saat hendak melakukan seks oral. Pasalnya, ini untuk mengurangi risiko terjadinya penularan IMS dari pasangan.

Selain itu, dalam beberapa kasus, wanita juga ada yang memiliki alergi terhadap sperma. Kondisi ini dikenal sebagai hypersensitivity to human semen (HSS).

"Gejala HSS bisa bervariasi, biasanya berupa kemerahan, bengkak, dan gatal di area genital dalam waktu satu jam setelah terpapar sperma," ujar Lehmiller.



Simak Video "FWB dan Bahaya Infeksi Menular Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)