Selasa, 16 Feb 2021 19:30 WIB

4 Tanda Sperma Subur yang Siap Membuahi Sel Telur

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi sperma Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Menentukan kesehatan dan kesuburan sperma secara pasti tidak bisa hanya dengan melihatnya saja. Kamu harus menemui dokter untuk mengetahui hal tersebut.

Namun, kamu bisa mengetahui tanda-tanda kemungkinan apakah sperma subur atau tidak dengan melihat gaya hidup. Gaya hidup sehat tentunya akan menghasilkan sperma yang sehat pula.

Sejumlah dokter mengatakan bahwa mengubah gaya hidup menjadi sehat dapat meningkatkan kualitas sperma hanya dalam waktu 3 bulan.

Lalu, apa saja tanda sperma subur yang siap membuahi sel telur?

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 4 tanda bahwa kamu memproduksi sperma yang sehat dan subur.

1. Tekstur kental

Ciri utama bahwa pria memiliki sperma yang subur adalah tekstur yang kental. Apabila tekstur sperma kental, maka hal tersebut berarti pria sedang dalam kondisi sehat. Tekstur sperma yang kental dibutuhkan agar sperma bisa bertahan lama di dalam vagina dan dapat berenang untuk bertemu dengan sel telur dan membuahinya.

Tekstur kental ini bisa didapat dengan mengatur pola makan serta gaya hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, hingga menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.

2. Berwarna putih keabu-abuan

Dilansir dari laman Healthline, sperma yang berwarna putih keabu-abuan merupakan salah satu ciri sperma sehat dan normal. Jika pria memiliki ciri sperma seperti ini, maka hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk merencanakan kehamilan bersama pasangan lantaran dianggap memiliki banyak peluang untuk berhasil.

3. Tekstur lengket

Selain memiliki tekstur kental, sperma sehat memiliki tekstur yang lengket pula. Sementara itu, sperma dengan tekstur cair seperti air justru dapat menjadi sebuah tanda kondisi tubuh sedang tidak baik.

4. Bau sperma

Air mani yang normal dan sehat memiliki bau seperti klorin. Kondisi air mani yang berubah-ubah merupakan hal yang umum dan normal terjadi. Hal ini disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Namun, jika air mani berbau busuk, maka hal tersebut merupakan tanda pria mengalami masalah kesehatan.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)