Sabtu, 06 Mar 2021 19:02 WIB

Berapa Lama Sih Durasi Bercinta yang Ideal? Ini Kata Ahli

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Memiliki hubungan seksual yang sehat dapat ditandai dengan keduanya saling merasa terpuaskan oleh satu sama lain. Untuk mencapai kepuasan tersebut banyak yang perlu diperhitungkan termasuk durasi bercinta.

Sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi pasangan untuk mencapai kepuasan tersebut?

Durasi seks atau bercinta sebenarnya bervariasi, bergantung pada preferensi dan banyak faktor lainnya.

Pada laman Medical News Today disebutkan, tidak ada waktu yang pasti berapa lama seks harus berlangsung.

Hasil tinjauan medis oleh Janet Brito, Ph. D., LCSW, CST yang menyoal berapa lama seks dapat berlangsung, di sana disebutkan salah satu faktor penentu durasi bercinta adalah prefensi bercinta bagi pasangan itu sendiri.

Artinya bagaimana kedua belah pihak mengartikan hubungan seksual merupakan aktivitas apa.

Beberapa orang mungkin menganggap hubungan seksual hanya melakukan penetrasi, sedangkan yang lain merasa seks perlu dibuka dengan foreplay dan ditutup dengan orgasme yang dialami oleh keduanya.

Dalam hubungan yang melibatkan pasangan heteroksesual yaitu, bertemunya penis dan vagina. Hasil penelitian menemukan, durasi bercinta berkisar dari 33 detik hingga 44 menit, dengan sesi rata-rata berlangsung 5,4 menit.

Hasil itu disebutkan pada penelitian Waldiner dan kawan-kawan, yang menghitung durasi bercinta dari tercapainya ejakulasi pria.

Sedangkan penelitian lain, yang dilakukan terapis seks di Amerika Serikat mengatakan, durasi bercinta yang dilakukan di bawah 3 menit membutuhkan perhatian klinis, 3-7 menit 'cukup', 7-13 menit 'diinginkan', sedangkan 10-30 menit 'terlalu lama'.

Namun, penelitian di atas berpusat pada kepuasan pria, yang ditandai dengan terjadinya ejakulasi atau pelepasan sperma.

Sedangkan hasil penelitian yang ditemuka tahun 2020 oleh Gajanan S. Bhat MCh menyoal orgasme perempuan mengungkap, rata-rata durasi yang diperluka oleh perempuan adalah lebih dari 13 menit.



Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/ayd)