Rabu, 10 Mar 2021 20:30 WIB

3 Efek Tak Terduga Jika Pasutri Terlalu Lama Absen Bercinta

Ardela Nabila - detikHealth
Konsumsi Produk Susu Berlebihan Bisa Pengaruhi Ereksi dan Gairah Seks Efek tak terduga jika pasutri terlalu lama absen bercinta. (Foto: iStock)
Jakarta -

Frekuensi tiap pasangan dalam melakukan hubungan intim tentunya berbeda-beda dan kerap berubah seiring bertambahnya usia pernikahan. Pasalnya, hal tersebut ditentukan oleh dorongan seksual dan usia.

Di sisi lain, bercinta memiliki berbagai manfaat bagi para pasangan. Mulai dari mempererat hubungan, hingga manfaat kesehatan, seperti membakar kalori dalam tubuh. Lalu, bagaimana dengan pasangan yang sudah tidak lagi rutin bercinta?

Ternyata, terdapat efek samping yang bisa dirasakan oleh pasangan yang jarang bercinta, lho. Dikutip dari Medical News Today, berikut hal-hal yang bisa terjadi jika seseorang tidak bercinta dalam waktu yang cukup lama.

1. Efek samping terhadap tubuh

Kebanyakan orang yang telah lama tidak melakukan hubungan seksual tidak merasakan adanya efek samping negatif pada tubuhnya. Namun, penelitian menemukan bahwa rutin bercinta dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatnya sistem imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah, mengurangi stres, dan mencegah risiko kardiovaskuler.

2. Efek samping terhadap kesehatan mental

Tidak berhubungan intim dalam jangka waktu yang cukup lama ternyata dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan mental seseorang. Pasalnya, seseorang yang tidak bercinta dalam sebuah hubungan dapat menyebabkan adanya perasaan cemas dan tidak percaya diri. Namun, terdapat beberapa alasan lain yang menyebabkan seseorang berhenti bercinta, seperti menurunnya libido.

Meski begitu, ternyata tidak berhubungan intim juga dapat memiliki manfaat, lho, seperti mencegah terjadinya infeksi seksual menular dan mencegah terjadinya gangguan kecemasan yang disebabkan karena tidak percaya diri saat bercinta. Di sisi lain, bercinta juga dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang karena dapat mengurangi stres.

3. Efek samping terhadap hubungan

Bagi kebanyakan pasangan, rutin berhubungan seks dapat mempererat hubungan. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa frekuensi bercinta hanya merupakan salah satu indikator yang menentukan kesehatan sebuah hubungan. Bagi sejumlah pasangan, seks dapat meningkatkan komunikasi serta membangun perasaan dekat dengan pasangan.

Sementara itu, pasangan yang tidak rutin bercinta sering kali merasa cemas bahwa terdapat masalah dalam hubungannya atau merasa mereka tidak lagi menarik bagi pasangannya. Oleh sebab itu, pasangan yang mengalami hal ini dapat membicarakannya dan membangun keintiman. Tak perlu langsung dengan bercinta, kamu bisa memulainya dengan menunjukkan sikap penuh kasih sayang.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/up)