Rabu, 10 Mar 2021 16:43 WIB

5 Kemungkinan Penyebab Hipospadia, Kondisi yang Dialami Aprilia Manganang

Ayunda Septiani - detikHealth
Aprilia Manganang, andalan timnas voli putri pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur nanti. Foto: Femi Diah/detikSport
Jakarta -

Eks atlet voli wanita Serda Aprilia Manganang mengidap hipospadia. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menegaskan hipospadia berbeda dengan transgender dan interseks.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ," jelas Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Apa sih penyebab kondisi hipospadia bisa terjadi?

Kepala Departemen Urologi RSCM Dr dr Irfan Wahyudi, SpU(K) menyebut penyebab terjadinya hipospadia akibat pembentukan genitalia pria di masa dalam kandungan, khususnya pada trimester 1 dan 2.

Selain itu, dr Irfan menambahkan banyak faktor yang terlibat seperti kromosom seks, organ genitalia, hormon, dan reseptornya.

"Gangguan di salah satu atau lebih dari faktor yg terlibat tersebut akan berakibat gangguan dalam perkembangan genitalia anak," jelas dr Irfan, saat dihubungi detikcom, Rabu (10/3/2021).

Sebagai informasi, peran utama penis adalah membawa urine dan sperma keluar dari tubuh. Uretra merupakan saluran yang membawa urine dan sperma melalui penis ke luar.

Sedangkan lubang tempat keluarnya urine dan sperma disebut dengan meatus. Keduanya lebih mudah ketika meatus berada di ujung kepala penis atau glans penis.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui kemungkinan penyebab hipospadia lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sikap WHO Terkait Pencabutan Hak Aborsi 'Roe v Wade' di AS"
[Gambas:Video 20detik]