Selasa, 23 Mar 2021 23:00 WIB

Sering Bercinta Bikin Imun Makin Kuat? Ini Faktanya

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Selain untuk mendapatkan kenikmatan dan dapat mempererat hubungan dengan pasangan, diyakini melakukan hubungan seksual atau bercinta secara rutin memiliki beragam manfaat lainnya. Salah satunya memperkuat sistem imun.

Sekurang-kurangnya, bercinta memberikan efek pereda stres. Sementara level stres yang tidak terkendali banyak dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit.

Berikut ini adalah manfaat dari bercinta dikutip dari Shape.

1. Bercinta dapat menyembuhkan sakit kepala

Beberapa orang menunda untuk melakukan seks karena sedang mengalami sakit kepala. Padahal, sakit kepala justru dapat dihilangkan dengan melakukan hubungan seksual.

Sebuah studi di jurnal Cephalalgia menemukan bahwa banyak orang orang yang menderita migrain atau sakit kepala mengatakan adanya kelegaan ketika mereka berhubungan seks.

Para peneliti mengatakan adanya pelepasan hormon endorphin saat melakukan hubungan seksual memiliki efek penghilang rasa sakit alami pada otak.

2. Bercinta membantu melawan depresi

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang melakukan hubungan seksual secara teratur atau rutin secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi. Terlebih saat dikeluarkannya saat semen atau air mani pada tubuh perempuan.

Hal itu dikarenakan semen mengandung bahan kimia yang dapat meningkatkan mood yang membuat tubuh merasa lebih rileks dan senang seperti oksitosin, melatonin, prolaktin, dan serotonin yang akan diserap tubuh baik melalui vagina.

Tidak hanya dapat melalui seks penetrasi yaitu masuknya penis ke dalam vagina tetapi juga berlaku saat melakukan seks oral, cairan semen juga dapat terserap ke dalam tubuh.

3. Bercinta dapat memicu respons imun yang baik

Orang yang bercinta sekali hingga dua kali dalam seminggu ditemukan memiliki tingkat antibodi immunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi daripada orang yang lebih jarang bercinta.

Menurut para peneliti dari Wilkes-Barre University di Pennsylvania, antibodi immunoglobulin A (IgA) merupakan garis pertahanan tubuh dari melawan virus, khususnya flu.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)