Rabu, 07 Apr 2021 19:40 WIB

Awas! 4 Kondisi Mr P Ini Menandakan Adanya Masalah Kesehatan

Ardela Nabila - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Kondisi Mr P (Foto: iStock)
Jakarta -

Penis yang sehat memiliki peran penting terhadap kepuasan seksual saat berhubungan intim. Di sisi lain, masalah pada penis dapat memicu terjadinya masalah dalam hubungan.

Selain mengukur kesehatan penis dari performa pria saat bercinta, sejumlah ciri-ciri pada penis juga bisa saja merupakan tanda adanya masalah kesehatan. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut 4 ciri-ciri pada penis terhadap masalah kesehatan.

Kesulitan ereksi

Disfungsi ereksi merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh banyak pria di mana pria tidak bisa menahan ereksinya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan bisa diatasi dengan mudah.

Namun, apabila pria terlalu sering mengalami kesulitan menahan ereksinya, maka hal ini bisa jadi pertanda adanya penyakit jantung. Menurut urolog Ryan Berguld, MD, sebanyak dua per tiga pasien yang mengalami serangan jantung memiliki disfungsi ereksi.

"Disfungsi ereksi, terutama pada pria yang masih muda, maka merupakan tanda adanya penyakit jantung," kata Dr Berguld.

Penis melengkung

Pria yang memiliki penis melengkung bisa saja mengalami penyakit peyronie, yakni kelainan di mana jaringan parut di dalam penis menyebabkan penis menjadi melengkung. Biasanya, pria yang mengidap penyakit ini penisnya akan melengkung hingga 30 derajat.

Performa buruk

Performa pria yang kurang baik saat bercinta juga bisa menyebabkan adanya gangguan pada kesehatannya, terutama kesehatan mental. Sebab, kesulitan ereksi juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis. Sejumlah masalah yang bisa menyebabkan pria menghadapi performa tidak baik di ranjang adalah depresi, gangguan kecemasan, dan stres.

Namun, konsumsi antidepressants untuk mengatasi masalah psikologis ini dapat menyebabkan performa semakin buruk lantaran adanya penurunan dorongan seksual, sehingga pria menjadi sulit ereksi dan mencapai orgasme.

Benjolan pada penis

Benjolan pada penis, seperti benjolan pembuluh darah, jerawat, dan pearly penile papul atau papula penis, merupakan benjolan yang umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, ketika benjolan tersebut terasa nyeri, maka pria harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pasalnya, benjolan tersebut bisa saja tanda infeksi seksual menular seperti herpes. Di sisi lain, benjolan yang tidak sakit juga bisa saja menandakan adanya infeksi pada penis.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)