Jumat, 28 Mei 2021 20:34 WIB

Hiiih.. Waspada Jika Ada 5 Ciri-ciri Mr P Seperti Ini! Bisa Jadi Tanda Masalah

Ardela Nabila - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Sama seperti wanita yang harus menjaga kesehatan vaginanya, pria juga perlu menjaga kesehatan penisnya. Pasalnya, penis merupakan organ yang juga bisa mengalami kondisi dan masalah kesehatan.

Alih-alih mengabaikan apabila ada sesuatu yang tidak biasa pada penis, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter sebelum kondisinya semakin parah. Dikutip dari laman Men's Health, berikut 5 kondisi umum yang kerap terjadi pada penis dan sebaiknya tidak diabaikan.

1. Lecet

Pernah menyadari ada bagian kemerahan pada batang penis atau di bawah kepala penis? Mungkin kamu akan berpikir bahwa hal tersebut merupakan lecet biasa. Namun, menurut Ryan Terlecki, MD, seorang dokter urologi dari Wake Forest University's Baptist Medical Center, kondisi tersebut bisa menandakan kanker penis, lho.

Apalagi jika lecet tersebut tidak terasa sakit atau sensitif dan kamu belum berhubungan intim dalam beberapa waktu.

2. Penis melengkung

Ketika ereksi, cobalah perhatikan bentuk penis. Apabila bentuknya cenderung melengkung, maka bisa saja hal tersebut merupakan tanda penyakit Peyronie, yakni penumpukan jaringan parut yang terklasifikasi.

Jika diabaikan, maka kamu akan rentan mengalami nyeri saat berhubungan intim dan berisiko mengalami cedera penis.

3. Gatal

Sering merasa gatal pada area penis? Biasanya, ini merupakan tanda adanya infeksi jamur pada penis. Bisa juga penis terkena balanitis, yakni inflamasi pada kulup dan kepala penis. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kurang bersihnya area penis dan infeksi menular seksual.

4. Sulit ereksi

Disfungsi ereksi merupakan kondisi di mana pria tidak bisa menjaga ereksinya cukup lama untuk berhubungan seksual. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya, mulai dari masalah sirkulasi darah, diabetes, hingga kurangnya testosteron.

Namun, konsumsi alkohol berlebihan dan masalah psikologis, seperti stres atau cemas, juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Keluar cairan dari penis

Kondisi medis bernama uretritis merupakan kondisi yang menyebabkan penis mengeluarkan cairan lantaran kantung yang berada di antara kandung kemih dan ujung penis mengalami peradangan. Beberapa pria bahkan akan mengalami nyeri seperti terbakar dan sering terasa ingin buang air kecil.

Akan tetapi, banyak pula yang tidak mengalami gejala apapun. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penyakit seksual menular, seperti gonorrhea, dan biasanya terjadi pada pria yang masih muda.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)