Senin, 31 Mei 2021 20:40 WIB

Sperma Sehat Baunya Seperti Apa? Ini 6 Ciri-ciri yang Perlu Dikenali

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi sperma Ciri-ciri sperma sehat (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pria, sperma yang sehat merupakan hal penting yang menandakan tingkat kesuburan pria agar bisa bereproduksi. Terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan sperma, seperti diet dan olahraga. Lalu, bagaimana ciri-ciri sperma sehat?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengukur kesehatan sperma. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan pemeriksaan yang bisa menentukan jumlah sperma yang keluar ketika ejakulasi.

Bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan dan tengah berusaha untuk meningkatkan kualitas sperma, maka perubahan gaya hidup bisa menjadi salah satu solusi. Hal ini harus dilakukan guna meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini 6 ciri-ciri sperma sehat.

1. Kuantitas

Jumlah sperma artinya volume sel sperma yang keluar saat ejakulasi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa berkunjung ke dokter. Pasalnya, dokter bisa melihat jumlah sel sperma melalui analisis sampel di laboratorium.

Pria umumnya membutuhkan jumlah sel sperma tertentu untuk meningkatkan kemungkinan sperma bisa membuahi sel telur. Namun, sebuah laporan yang terbit tahun 2012 mengungkapkan bahwa konsentrasi sperma yang sehat dan subur adalah yang berjumlah 40 juta per milimeter.

2. Gerakan dan kecepatan

Motilitas atau gerakan dan kecepatan sperma dapat menentukan kemampuan sperma untuk berenang ke sel telur. Menurut National Infertility Association RESOLVE, setidaknya 50 persen dari sel sperma harus terdiri dari sel yang aktif.

3. Bentuk

Ukuran dan bentuk sel sperma juga mempengaruhi kemungkinan kesuburan. Setidaknya 50 persen dari sel sperma harus memiliki ukuran, bentuk, dan panjang yang standar. Jika terdapat bentuk yang tidak normal, maka bisa jadi hal tersebut menandakan infertilitas.

4. Keasaman dan bau

Cairan semen yang sehat harus memiliki pH sekitar 7,2-7,8. Apabila pH sperma sudah seimbang, maka biasanya akan berbau seperti amonia, pemutih, atau zat alkali lainnya. Namun, jika baunya seperti ikan atau telur busuk, amis, atau berbau tidak sedap, maka hal tersebut tidak normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]