Rabu, 02 Jun 2021 05:30 WIB

Seperti Bau Pandan atau Cairan Pemutih? Begini Mengidentifikasi Sperma Sehat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi sperma Bau sperma yang sehat (Foto: iStock)
Jakarta -

Sama seperti Miss V, cairan sperma pada pria juga punya bau khas yang tidak pernah bisa wangi semerbak seperti bunga. Tetapi tidak mudah menentukan bau yang normal seperti apa, karena selalu berbeda pada tiap pria.

Para pakar mengatakan, ada banyak faktor yang mempengaruhi bau sperma. Mulai dari kondisi kesehatan, hingga diet atau asupan makanan tertentu. Infeksi juga mempengaruhi bau sperma, sehingga bisa digunakan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan.

Bau amonia atau pemutih

Dari berbagai macam bau sperma, bau seperti klorin atau cairan pemutih dan amonia paling sering ditemukan. Sebabnya, berbagai komponen penyusun semen atau cairan sperma memiliki sifat alkali atau basa.

Bau amis dan tidak sedap

Beberapa makanan atau minuman seperti bawang atau kafein bisa membuat bau sperma berubah. Walau tidak mungkin jadi wangi semerbak, bau yang menyengat dan sangat tidak sedap tidak termasuk bau yang bisa dikatakan normal. Sperma berbau amis dan seperti telur busuk umumnya indikasi masalah pada kesehatan.

Beberapa infeksi yang ditandai dengan bau sperma tidak sedap antara lain:

  • Trichomoniasis: disertai gejala lain seperti penis gatal atau perih
  • Gonorrhea atau kencing nanah: bisa disertai testis bengkak, nyeri saat buang air kecil
  • Prostatitis: disebut juga radang kelenjar prostat, bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, dan menyebabkan nyeri saat buang air kecil maupun ejakulasi.



Simak Video "FWB dan Bahaya Infeksi Menular Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)