Rabu, 02 Jun 2021 19:30 WIB

Air Mani dan Sperma Tak Sama Loh, Kenali Beda Keduanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi sperma Foto: iStock
Jakarta -

Masih banyak yang menganggap air mani dan sperma itu sama, padahal cairan yang keluar dari alat kelamin pria saat ejakulasi ini ternyata berbeda loh.

Sperma adalah bagian dari air mani, tapi air mani bukan sperma. Sperma adalah cairan yang mengandung sel-sel reproduksi pria yang berukuran mikroskopis.

Dikutip dari laman Health Site, cairan sperma yang bisa masuk ke sistem reproduksi wanita selama berhubungan seksual dan bisa membentuk janin jika berhasil membuahi sel telur.

Sementara air mani adalah cairan yang berisi sperma dan plasma lainnya. Air mani ini berfungsi sebagai 'kendaraan' bagi sperma untuk masuk ke dalam organ reproduksi wanita.

Meskipun sperma berbentuk seperti kecebong yang memiliki ekor, tapi sperma tak bisa sampai sel telur jika tak ada bantuan dari air mani.

Berapa banyak sperma yang dihasilkan saat ejakulasi?

Jumlah rata-rata sperma dalam air mani adalah satu sendok teh saja. Tapi meski terlihat sedikit, ada kurang lebih 15 juta sel hidup dalam cairan tersebut.

Faktor-faktor seperti merokok, diet, genetika, dan kesehatan secara keseluruhan dapat memengaruhi volume air mani.

Apakah pra-ejakulasi mengandung sperma?

Tidak selalu, tapi kemungkinan itu tetap ada.

Jika masih ada sisa sperma di uretra, cairan itu bisa bercampur saat pre-ejakulasi.

Ini alasannya metode pull-out tidak selalu disarankan jika ingin KB alami. Dalam penelitian, sampel pra-ejakulasi telah terbukti mengandung sperma yang aktif dan bergerak.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)