Sabtu, 05 Jun 2021 19:07 WIB

Perhatikan! Ini 7 Tanda Kecanduan Seks dan Cara Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Ilustrasi seks. (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pasangan suami istri, berhubungan seksual mungkin menjadi satu hal yang biasa dilakukan, baik pagi maupun malam hari. Terkadang, sebagian orang rutin melakukannya seminggu bahkan sehari sekali.

Tetapi, tanpa sadar seseorang bisa saja menjadi kecanduan akan berhubungan seks atau bercinta. Kecanduan ini didefinisikan sebagai kurangnya kontrol seseorang atas pikiran, dorongan, dan impuls seksual.

Seseorang yang kecanduan seks mungkin punya dorongan kompulsif untuk selalu terangsang. Keinginan ini seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski tidak bisa mendiagnosis diri sendiri atau orang lain mengalami kecanduan seks, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan berikut seperti dikutip dari WebMD.

1. Pikiran seksual yang obsesif

Seseorang yang kecanduan seks biasanya akan terus-menerus berpikir tentang seks. Pikiran tentang seks atau fantasi seks ini bisa semakin akan terus muncul dan tidak bisa dihilangkan, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Banyak menghabiskan waktu untuk seks

Orang yang kecanduan seks tidak selalu berkaitan dengan gonta-ganti pasangan seks. Tanda kecanduan seks bisa terlihat jika seseorang menghabiskan waktu dan energi yang lebih untuk berhubungan seks dengan pasangan.

3. Merasa malu dan depresi

Kebutuhan akan seks yang mengarah ke candu bisa diselingi dengan rasa cemas, malu, depresi, hingga menyesal. Mereka merasa malu karena sulit mengendalikan dorongan seksual, bahkan bisa menunjukkan tanda depresi hingga ide untuk bunuh diri.

4. Keinginan masturbasi berlebihan

Kegiatan masturbasi sebenarnya bisa menjadi cara yang sehat untuk mengeksplorasi seksualitas dan dorongan seksual. Tetapi, jika hal ini dilakukan secara berlebihan, bisa jadi menunjukkan adanya potensi kecanduan akan seks.

5. Nekat melakukan hal yang berisiko

Pada beberapa kasus, kecanduan akan seks bisa membuat seseorang nekat melakukan hal-hal yang berisiko bahkan tidak pantas. Misalnya menggunakan jasa prostitusi, berani seks di lokasi publik, seks tanpa alat pelindung, hingga eksibisionisme, yang bisa saja menularkan penyakit menular seksual.

6. Selingkuh

Tanda satu ini juga harus diwaspadai dan diperhatikan. Ternyata, adanya dorongan seseorang untuk mencari pasangan seks baru meski sudah memiliki pasangan sah atau selingkuh bisa jadi tanda orang kecanduan seks.

Selingkuh memang bukan lagi menjadi hal aneh yang bisa dilakukan demi mencari pasangan seks semalam. Tetapi, ini juga berisiko menularkan penyakit menular seksual.

7. Melakukan kekerasan seksual

Dalam kasus yang ekstrem, kecanduan seks bisa membuat seseorang terlibat dalam kasus kriminal dan kekerasan. Misalnya seperti menguntit, memperkosa, atau mencabuli seseorang. Namun, hal seperti ini tidak selalu terbukti pada setiap orang yang mungkin mengalami kecanduan seks.

Bagaimana mengatasinya?

Orang yang mengalami kecanduan seks masih bisa berubah menjadi lebih baik. Namun, hal ini memerlukan bantuan dari ahlinya seperti psikolog, psikiater, atau terapis seks.

Namun, jika kecanduan seks ini muncul bersamaan dengan gangguan kecemasan atau gangguan mood lain yang mendasarinya, perawatannya mungkin tak cukup hanya dengan berkonsultasi. Bisa jadi harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang diberikan oleh para praktisi kesehatan.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)