Senin, 07 Jun 2021 19:00 WIB

Iyuh! Sering Garuk Selangkangan Pertanda Infeksi Jamur, Ini Cara Mengatasinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Gatal di area selangkangan kerap kali bukan hanya bikin tak nyaman, tapi juga insecure. Gara-gara gatal, gerak-gerik jadi serba canggung, tak terkecuali saat berada di tempat umum. Atau lebih menyebalkan, gatal ini bikin kikuk kala mau bercinta dengan pasangan.

Dikutip dari Healthline, gatal di selangkangan ini rupanya bisa disebabkan infeksi jamur yang dikenal sebagai dermatofita. Jamur ini biasa berkembang di area lembap, misalnya kulit, rambut, atau kuku. Menyebalkannya, gatal di area selangkangan tak jarang merembet ke bagian paha dalam hingga bokong.

Umumnya, daerah yang gatal akan kemerahan dan bersisik bak kulit kering. Namun pada kasus tertentu, gatal di selangkangan ini diiringi sejumlah gejala lain seperti sensasi terbakar, ruam jika diperparah oleh kegiatan fisik tertentu, hingga kulit mengelupas.

Pertumbuhan jamur ini umumnya dipicu oleh penggunaan celana dalam yang basah karena keringat terlalu lama. Misalnya, setelah berolahraga.

Atau kemungkinan lainnya, infeksi jamur di selangkangan terjadi karena tertular melalui kontak fisik, atau saling bertukar celana dalam dengan orang yang sudah terinfeksi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Selain menghindari kebiasaan saling pinjam-meminjam pakaian dalam, berikut beberapa langkah untuk mencegah dan mengatasi jamur pada selangkangan:

- Rutin mengganti pakaian dalam, terlebih jika celana dalam sudah basah oleh keringat.
- Gunakan pakaian dalam dengan bahan katun dan tidak terlalu ketat.
- Cuci area yang gatal dengan air hangat dan sabun.
- Keringkan daerah selangkangan setelah membersihkan, mandi, atau berolahraga agar area selangkangan tidak lembap.
- Gunakan obat krim anti jamur yang aman digunakan di area selangkangan.



Simak Video "Muncul Infeksi Jamur Kuning di India, Susul Kasus Jamur Hitam-Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)