Minggu, 13 Jun 2021 19:12 WIB

Ternyata, Ini Penyebab Miss V Sering Gatal saat Menstruasi

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi vagina Ilustrasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Rasa gatal pada vagina yang sering muncul, terutama saat menstruasi, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, rasa gatal tersebut juga ditentukan oleh siklus menstruasi masing-masing wanita.

Hal paling umum yang menyebabkan rasa gatal berlebih saat menstruasi adalah darah haid lama yang menempel pada vagina dan menyebabkan iritasi. Akan tetapi, inflamasi juga bisa menyebabkan rasa gatal.

"Saat menstruasi, wanita lebih rentan mengalami inflamasi pada seluruh tubuhnya, dengan demikian wanita menjadi mudah terasa gatal," ujar Suzanne Fenske, MD, asisten profesor ilmu obstetri, ginekologi, dan reproduksi dari Icahn School of Medicine, dikutip dari Women's Health.

Selain itu, saat menstruasi wanita juga rentan mengalami infeksi jamur dan vaginosis bakterial, yakni pertumbuhan jamur atau bakteri berlebih pada vagina yang sering kali tidak disadari, terutama saat menstruasi.

Oleh sebab itu, apabila kamu mengalami gatal berlebih saat menstruasi, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui penyebab utama rasa gatal tersebut muncul.


Biasanya, dokter akan meresepkan obat apabila kamu memang mengalami gejala yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Di sisi lain, penyebab gatal saat haid juga bisa saja muncul sebagai reaksi alergi dari pembalut.

Apabila kamu merasa bahwa penyebab utamanya adalah pembalut, maka kamu bisa mencoba memilih jenis pembalut yang tidak mengandung wewangian untuk meminimalisir alergi.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/up)