Minggu, 13 Jun 2021 21:30 WIB

Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Makanan Bikin Miss V Lebih Sehat

Ardela Nabila - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Ilustrasi Miss V (Foto: istock)
Jakarta -

Menjaga kesehatan vagina tidak cukup hanya dengan perawatan dari luar. Melakukan perawatan dari dalam juga sama pentingnya agar vagina bebas dari berbagai infeksi.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan vagina dari dalam adalah dengan memilih jenis makanan tertentu. Pasalnya, beberapa makanan bisa membantu menjaga kesehatan vagina, mengurangi rasa ketidaknyamanan, dan mencegah infeksi.

Dikutip dari Women's Health, berikut 5 makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk merawat vagina dari dalam agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi dan penyakit.

1. Teh hijau

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kandungan antimikroba yang bisa melawan bakteri penyebab infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Dengan meminum teh hijau, zat katekin dalam teh hijau akan disalurkan ke saluran kemih untuk mengurangi bakteri. Untuk merasakan khasiatnya, kamu bisa meminum 2-3 cangkir teh hijau setiap harinya.

2. Ikan

Sering merasa kram perut saat menstruasi? Mengonsumsi ikan bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasinya. Kram saat haid disebabkan oleh senyawa inflamasi bernama prostaglandins yang bisa membantu otot uterus berkontraksi.

Namun, asam lemak omega-3 pada ikan, seperti salmon dan tuna, bisa mengatasi rasa sakit tersebut. Sebab, ikan mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi.

3. Makanan kaya probiotik

Vagina yang sehat merupakan 'rumah' bagi banyak bakteri baik, salah satunya adalah lactobacillus yang bisa membantu jaringan pada vagina menjaga tingkat keasamannya. Secara umum, lactobacillus bisa menjaga vagina terhindar dari pertumbuhan jamur pada vagina.

Rutin mengonsumsi makanan kaya akan probiotik, seperti yogurt tawar, kimchi, dan tempe bisa membantu menjaga kesehatan area vagina. Sebab, probiotik bisa menjaga tingkat keasaman vagina dengan menjaga keseimbangan bakteri baik di area kewanitaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keterkaitan COVID-19 dengan Ledakan Kasus 'Jamur Hitam' di India"
[Gambas:Video 20detik]