Minggu, 20 Jun 2021 19:15 WIB

Simpan Kondom di Dompet Ternyata Bahaya! Pria Kerap Lakukan 5 Kesalahan Ini

Ardela Nabila - detikHealth
Woman holding package of condom on her hands Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel)
Jakarta -

Penggunaan alat kontrasepsi saat bercinta, seperti kondom, memang penting untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. Namun, ternyata tak sedikit pasangan yang masih melakukan kesalahan saat menggunakan kondom.

Apabila terus dilakukan, kesalahan-kesalahan tersebut justru bisa membuat kondom tidak lagi efektif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berhubungan intim.

Padahal, penggunaan kondom yang benar memiliki peran penting untuk memberikan perlindungan bagi para pasangan. Dikutip dari laman Self, berikut 5 kesalahan saat menggunakan kondom yang sering kali tidak disadari menurut ahli fertilitas endokrinologi reproduksi di Colorado Center for Reproductive Medicine, Brian A. Levine, MD.

1. Membeli ukuran yang tidak sesuai

Penis memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, begitu pula dengan kondom. Apabila pria menggunakan kondom yang tidak sesuai dengan ukuran penisnya, seperti menggunakan kondom yang terlalu besar, maka penggunaan kondom menjadi sia-sia.

Di sisi lain, kondom yang terlalu ketat akan rentan robek saat berhubungan seks. Oleh karenanya, memilih jenis kondom yang tepat dan pas dengan ukuran penis sangat penting agar kondom tetap efektif.

2. Menggunakan kondom berulang kali

Usai bercinta, sebaiknya kondom langsung dibuang. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pernah mewanti-wanti untuk tidak menggunakan kondom yang sama berulang kali dengan mencucinya. Artinya, apabila di tengah-tengah sesi bercinta pasangan ingin bertukar dari seks vaginal ke seks anal, maka kondom perlu diganti.

"Kondom bekas tidak bisa mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual," ujar dr Alyssa Dweck, MD, seorang ginekolog di Westchester, New York.

Selanjutnya
Halaman
1 2