Rabu, 23 Jun 2021 19:30 WIB

5 Cara Membujuk Mr P Agar Tidak Malas 'Berdiri'

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background Ilustrasi. (Foto: Prostock-Studio)
Jakarta -

Disfungsi ereksi atau biasa disebut impotensi adalah kondisi di mana pria tidak mampu mempertahankan ereksi selama melakukan seks. Disfungsi ereksi bisa ditandai dengan menurunnya libido. Lalu, bagaimana cara mengatasi disfungsi ereksi pada pria?

Disfungsi ereksi bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satu yang jarang diketahui adalah disfungsi ereksi bisa terjadi akibat efek samping obat tertentu. Tetapi, sekitar 75 persen pria mengalami berbagai penyebab yang lebih kompleks. Beberapa di antaranya adalah efek dari penyakit pembuluh darah, penyakit saraf, diabetes, atau masalah prostat.

Masalah disfungsi ereksi bisa diobati dengan melakukan perawatan medis. Selain itu, ada 5 cara mengatasi disfungsi ereksi pada pria secara alami. Dikutip dari Harvard Health Publishing, berikut informasi selengkapnya.

1. Rajin olahraga ringan

Sebuah penelitian di Harvard menemukan fakta bahwa berjalan kaki 30 menit sehari bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi sebesar 41%. Penelitian lain menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membantu memulihkan kinerja seksual pada pria.

2. Makan teratur

Penelitian menyebut makan teratur dengan makanan sehat seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan ikan bisa jadi cara mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Penyakit seperti darah tinggi, diabetes, dan kolesterol semuanya dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Untuk itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah kamu perlu merubah gaya hidupmu dan mintalah obat-obatan jika perlu.

4. Diet

Pria dengan obesitas tinggi risikonya mengalami disfungsi ereksi. Sebuah penelitian menyebut, pria dengan lingkar pinggang 42 inci 50% lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi daripada pria dengan lingkar pinggang 32 inci.

Obesitas meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah dan diabetes yang diketahui sebagai dua penyebab utama disfungsi ereksi. Kelebihan lemak juga dapat mengganggu beberapa hormon yang mungkin menjadi penyebab disfungsi ereksi. Sehingga, diet bisa menjadi cara mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

5. Latihan kegel

Dasar panggul yang kuat meningkatkan kekakuan selama ereksi. Dalam percobaan di Inggris, tiga bulan latihan kegel dengan intensitas dua kali sehari dan dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup mampu jadi cara mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

Perubahan gaya hidup itu meliputi berhenti merokok, menurunkan berat badan, dan mengurangi konsumsi alkohol.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(Rita Puspita Rachmawati/up)