Jumat, 25 Jun 2021 21:00 WIB

5 Kebiasaan Usai Bercinta yang Harus Dihindari Agar Miss V Bebas Infeksi

Ardela Nabila - detikHealth
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Menjaga kebersihan area genital memang sangat penting untuk menjaga kesehatannya, terutama setelah berhubungan intim. Namun, selain menjaga kebersihan, ada pula hal yang perlu dihindari usai bercinta untuk menjaga kesehatan kemaluan.

Pasalnya, beberapa kebiasaan yang dilakukan setelah bercinta justru bisa meningkatkan risiko terkena infeksi. Dengan menghindari infeksi, maka kamu dan pasangan bisa mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan yang bisa menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman saat bercinta.

Dikutip dari Healthshots, berikut 5 kesalahan setelah bercinta yang harus dihindari untuk mencegah infeksi pada area kewanitaan.

1. Mengenakan pakaian ketat

Sering langsung mengenakan pakaian ketat untuk tidur setelah bercinta? Sebaiknya jangan diulangi lagi. Sebab, usai bercinta, tubuh akan cenderung lebih mudah berkeringat. Apabila kamu menggunakan pakaian ketat, apalagi yang berbahan nylon atau sintesis, maka berisiko menyebabkan lecet.

Celana dalam berbahan nylon juga bisa menyebabkan vagina terasa gatal apabila celana tersebut mengenai sekresi vagina. Untuk menjaga kesehatan vagina, hindari menggunakan celana dalam atau pakaian ketat setelah seks dan pilihlah pakaian berbahan katun.

2. Membersihkan vagina menggunakan pembersih khusus

Menurut dr Uma Vaidyanathan, seorang konsultan senior dari departemen obstetri dan ginekologi di Fortis Hospital, menggunakan pembersih khusus untuk daerah kewanitaan bisa menyebabkan kulit di area vagina menjadi lebih sensitif. Saat membersihkan vagina, kata dr Vaidyanathan, menggunakan air biasa sudah cukup.

3. Menggunakan tisu basah untuk membersihkan vagina

Tisu basah khusus membersihkan area kemaluan juga harus dihindari untuk membersihkan area genital usai bercinta. Pasalnya, kebanyakan dari tisu basah tersebut mengandung pewangi buatan yang bisa meningkatkan risiko infeksi serta ruam.

"Kebanyakan tisu basah khusus mengandung pewangi buatan dan bahan pengawet. Menggunakannya bisa meningkatkan risiko infeksi dan munculnya ruam," kata D Pratima Thamke, obstetri dan ginekologi di Motherhood Hospital.

4. Lupa mencuci tangan

Mencuci tangan setelah bercinta juga tidak kalah pentingnya, lho. Sebab, saat bercinta kamu dan pasangan tentunya akan menyentuh area genital satu sama lain. Untuk mencegah menyebarnya bakteri ke area lain, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun. Lupa mencuci tangan setelah bercinta dapat meningkatkan terjadinya infeksi bakteri.

5. Berendam air panas

Berendam bersama setelah berhubungan seks memang terdengar sangat menyenangkan. Namun, hal ini sebenarnya sangat berisiko meningkatkan terjadinya infeksi. Suhu panas pada tubuh selama berendam bisa memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Selain itu, apabila berendam dilakukan terlalu lama, maka ada kemungkinan bakteri bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini tidak hanya berbahaya bagi area kewanitaan, tetapi juga bagi penis pasangan.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)