Minggu, 04 Jul 2021 18:47 WIB

Berapa Sih Ukuran Kedalaman Miss V? Ini Jawabannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi vagina Ilustrasi Miss V. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Kepuasan saat berhubungan seks bisa dipengaruhi berbagai faktor. Meski kontroversial, ukuran Mr P kerap disebut sebagai salah satu faktor yang berpengaruh, sedangkan ukuran kedalaman Miss V jarang sekali diperhatikan.

Ada beberapa jenis jaringan yang melapisi bagian dalam vagina, termasuk mukosa. Mukosa terdiri dari sel-sel khusus yang mengeluarkan cairan pelumas, yang bisa membantu dinding vagina meregang.

Lalu, berapa ukuran kedalaman vagina wanita?

Dikutip dari Medical News Today, sebuah laporan di BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynaecology mengatakan bahwa rata-rata vagina memiliki kedalaman sekitar 3,77 inci atau 9,6 cm.

Perlu diketahui, kedalaman vagina setiap wanita sangat bervariasi, bahkan bisa mencapai 7 inci atau 17,7 cm. Namun, ukuran dan kedalaman ini bisa berubah pada kondisi tertentu.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan ukuran dan kedalaman vagina berubah. Misalnya, vagina bisa meregang untuk mempermudah dalam menggunakan tampon atau saat berhubungan seksual.

Saat sedang terangsang, kedalaman vagina juga dipengaruhi oleh banyaknya aliran darah yang mengalir ke vagina. Kondisi ini bisa menyebabkan vagina memanjang.

Selain itu, leher rahim atau ujung rahim jadi sedikit terangkat. Hal itu memungkinkan penis, jari, hingga mainan seks bisa masuk ke dalam vagina lebih dalam.

Tapi, benarkah ukuran vagina bisa berubah setelah melahirkan?

Jawabannya tidak. Sebab jaringan vagina yang meregang saat melahirkan bisa kembali ke kondisi semula. Para peneliti pun tidak menemukan adanya perbedaan kedalaman vagina antara wanita yang belum atau sudah melahirkan.

Jika merasa vagina terasa berbeda setelah melahirkan, dokter merekomendasikan latihan kegel. Latihan ini berguna untuk melatih otot yang digunakan untuk mengontrol buang air kecil dan membantu memperkuat dasar panggul.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)