Senin, 05 Jul 2021 21:04 WIB

8 Variasi Bentuk Puting Susu, Mana yang Paling Sesuai?

Ardela Nabila - detikHealth
young woman is measuring her breast Foto: iStock
Jakarta -

Setiap wanita memang memiliki bentuk dan ukuran payudara yang unik serta berbeda-beda. Namun, tahukah kamu bahwa hal serupa juga berlaku pada puting payudara?

Menurut dr Tsippora Shainhouse, MD, seorang dokter kulit dan dokter anak, terdapat delapan jenis puting yang paling umum ditemukan pada wanita. Semua jenis puting tersebut normal, bahkan ada pula wanita yang memiliki dua jenis puting berbeda.

Meski demikian, semua wanita pada dasarnya memiliki tipe puting yang unik dan berbeda-beda. Jadi, tidak perlu khawatir apabila bentuk atau ukuran putingmu tidak masuk ke dalam kategori ini.

Dikutip dari laman Seventeen, berikut ini delapan tipe puting payudara yang paling umum pada wanita.

1. Protruding

Tipe puting yang satu ini dapat dilihat dari bentuk puting yang terlihat lebih naik dari dasar areola. Selain itu, biasanya puting akan terlihat cenderung menunjuk ke arah luar. Saat cuaca dingin atau distimulasi, biasanya puting akan mengeras dan terlihat lebih jelas.

2. Flat

Sama seperti namanya, yakni flat atau datar, tipe puting ini ditandai dengan puting yang datar dan tampak menyatu dengan areola. Namun, sama seperti puting pada umumnya, ia akan tampak lebih jelas saat mengeras karena cuaca dingin atau distimulasi.

3. Puffy

Bentuk puting yang 'puffy' terlihat dari keseluruhan areola dan puting yang terlihat menonjol ke samping kanan dan kiri di bagian ujung payudara. Puting tipe ini tentunya juga akan mengeras pada suhu dingin dan ketika distimulasi.

4. Inverted

Sering bertanya-tanya mengapa puting payudara cenderung masuk ke dalam? Hal ini menandakan kamu memiliki puting tipe inverted, yakni tipe puting yang cenderung terlihat tersembunyi di dalam areola.

Biasanya, wanita yang memiliki puting tipe ini akan dengan mudah menarik putingnya keluar menggunakan jari. Namun terkadang, otot pada puting bisa terlalu kencang dan menyebabkan puting sulit ditarik keluar.

5. Unilateral inverted

Mirip dengan tipe sebelumnya, puting payudara jenis ini juga dapat dilihat dari puting yang tersembunyi di antara areola. Akan tetapi, puting yang tersembunyi tersebut hanya salah satu dari dua puting, sedangkan puting yang satunya tetap menonjol ke luar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]