Minggu, 11 Jul 2021 19:00 WIB

6 Alasan Wanita Pura-pura Orgasme saat Bercinta

Ardela Nabila - detikHealth
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Saat bercinta, ternyata tidak sedikit wanita yang mengaku pura-pura orgasme. Terkait masalah yang kerap dialami saat berhubungan seks ini, para pakar pun melakukan penelitian untuk menemukan alasan mengapa banyak wanita yang pura-pura orgasme.

Dalam penelitian di Archives of Sexual Behavior, Erin Cooper dan rekan-rekannya di Temple University dan Kenyon College melakukan survei kepada ratusan mahasiswi yang mengaku pernah memalsukan orgasme setidaknya sekali saat bercinta.

Para peneliti meminta untuk mengurutkan 163 alasan berbeda mengapa mereka memalsukan orgasme selama seks oral dan vaginal dalam skala 1 sampai 5 atau skala 'tidak pernah' hingga 'selalu'.

Kemudian, dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat sejumlah alasan paling umum di balik wanita yang pura-pura orgasme saat bercinta. Dikutip dari laman VOX, berikut sejumlah alasannya:

  • Untuk membuat pasangannya merasa percaya diri
  • Untuk merangsang diri sendiri
  • Karena wanita merasa kurang percaya diri atau takut
  • Karena ingin cepat-cepat menghentikan sesi bercinta
  • Karena malu
  • Karena khawatir tidak bisa meraih orgasme.

Mengejutkannya, alasan untuk membuat pasangan merasa senang dan percaya diri merupakan alasan utama mengapa wanita rela memalsukan orgasme. Sejumlah wanita yang menjadi sampel mengaku mereka ingin membuat pasangannya merasa senang karena telah berhasil membuatnya meraih klimaks.

Selain itu, mereka juga tidak ingin pasangannya merasa bersalah, kecewa, atau malu karena tidak berhasil membuat mereka merasa 'puas'.

Namun, tidak sedikit juga yang memang melakukannya untuk merangsang diri sendiri dan meningkatkan pengalaman saat bercinta.

"Yang membuat saya paling terkejut adalah kami akhirnya memiliki bukti yang menyatakan kemungkinan bahwa ada wanita yang memalsukan orgasme karena alasan yang 'egois', seperti untuk merangsang diri sendiri," ujar Erin Cooper.

Adapun penelitian lainnya yang menemukan bahwa sebanyak 53-67 persen wanita dan 18 persen pria mengaku pernah pura-pura orgasme saat bercinta, setidaknya sekali.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/kna)