Senin, 12 Jul 2021 19:25 WIB

Sebelum Dicukur, Kenali 3 Manfaat Utama Rambut Kemaluan Ini

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Rambut yang tumbuh di sekitar area kemaluan sering kali membuat tidak percaya diri, terutama saat harus berhubungan intim dengan pasangan. Padahal, rambut kemaluan memiliki peran dan fungsi tersendiri, lho.

Meski demikian, tak sedikit orang yang tetap memilih untuk mencukur habis rambut kemaluannya. Sebaiknya, sebelum buru-buru dicukur, kenali dulu sejumlah manfaat rambut kemaluan.

Area kemaluan biasanya akan mulai ditumbuhi oleh rambut ketika seseorang mulai memasuki masa pubertas. Karenanya, rambut kemaluan sering kali dijadikan sebagai salah satu tanda seseorang sudah memasuki masa dewasa.

Menurut penelitian, seperti dikutip dari Medical News Today, menjelaskan bahwa rambut kemaluan memiliki tiga manfaat utama, yaitu:

  • Mengurangi gesekan saat berhubungan seks
  • Mencegah bakteri dan mikroorganisme lainnya untuk masuk ke dalam kemaluan
  • Menjaga suhu di sekitar kemaluan agar tetap optimal.

Seperti disebutkan, manfaat utama tumbuhnya rambut di sekitar genital adalah untuk mengurangi gesekan selama berhubungan seks. Pasalnya, kulit di area kemaluan memang sangat sensitif.

Dengan adanya rambut kemaluan yang tidak dicukur, maka gesekan akan berkurang secara alami dan bisa mencegah terjadinya lecet pada kulit.

Rambut kemaluan juga bisa mencegah bakteri dan mikroorganisme lainnya masuk ke dalam tubuh melalui vagina atau penis.

Berdasarkan studi tahun 2017, rambut kemaluan juga bisa mencegah risiko menularnya penyakit menular seksual. Namun, studi lain masih harus dilakukan untuk membuktikan manfaat rambut kemaluan terhadap pencegahan penyakit menular seksual.

Tidak mencukur habis rambut kemaluan agar bisa merasakan manfaatnya bukan berarti jorok dan tidak higienis, lho. Sama seperti area berambut pada tubuh lainnya, rambut kemaluan juga bisa menyebabkan keringat dan kotoran.

Oleh karenanya, sebaiknya rutin membersihkan area genital agar tetap higienis dan terhindar dari aroma tidak sedap.



Simak Video "Begini Proses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)