Sabtu, 31 Jul 2021 21:00 WIB

Wanita Wajib Tahu! Ini 6 Benda yang Tak Boleh Digunakan untuk Masturbasi

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme Foto: thinkstock
Jakarta -

Masturbasi adalah tindakan atau aktivitas yang dilakukan pria maupun wanita untuk memuaskan hasrat seksualnya. Caranya, dengan menyentuh atau menstimulasi organ intim hingga mencapai orgasme.

Banyak orang yang memilih menggunakan benda sebagai pemuas gairahnya, seperti sex toy. Namun, tak jarang ada segelintir orang yang menggunakan benda-benda yang justru bisa membahayakan kesehatan organ intimnya.

Apa saja benda-benda tersebut? Berikut 6 benda yang tidak boleh digunakan untuk masturbasi.

1. Benda dengan permukaan yang kasar

Tidak dianjurkan untuk melakukan masturbasi dengan benda yang memiliki permukaan yang kasar, misalnya seperti sisir. Sebab, benda tersebut bisa melukai atau menyebabkan iritasi pada vagina wanita yang sangat sensitif.

2. Menggunakan body lotion untuk pelumas

Hindari juga pemakaian body lotion atau krim sejenisnya yang mengandung bahan kimia berbahaya sebagai pelumas. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan iritasi, ruam, dan peradangan di sekitar area genital.

Selain itu, tidak juga disarankan menggunakan sabun dengan bahan kimia yang berbahaya. Hal itu karena bisa menyebabkan keseimbangan pH vagina. Akah lebih baik jika menggunakan pelumas khusus yang digunakan saat bercinta.

3. Menggunakan makanan

Masturbasi dengan makanan, misalnya sayuran dan buah-buahan seperti pisang, wortel, zucchini, terong, atau mentimun sangat tidak disarankan. Pasalnya, itu sangat berbahaya karena makanan-makanan tersebut mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk vagina.

4. Alat elektronik

Umumnya, seseorang masturbasi menggunakan alat seperti sex toy. Tetapi, beberapa orang mungkin menggunakan alat elektronik yang tidak dirancang untuk masturbasi, salah satunya sikat gigi elektrik.

Meski bisa memberikan getaran-getaran seperti sex toy, alat ini sangat tidak disarankan untuk masturbasi. Bulu kasar pada sikat gigi sangat tidak cocok digunakan untuk masturbasi, karena bisa menyebabkan luka, goresan, pendarahan, atau merobek area vagina, sehingga lebih rentan terhadap infeksi.

5. Tangan yang kotor

Menurut seorang ginekolog dan dokter kandungan senior di Rumah Sakit CK Birla, Gurugram, Dr Aruna Kalra, masturbasi menggunakan tangan sendiri dianggap sangat aman. Namun, perlu memperhatikan kebersihan tangan dan kuku.

Kuku yang kotor dan tajam justru bisa membahayakan area genital. Kulit di area genital sangat sensitif dengan benda tajam dan bakteri atau kuman dari luar. Akibatnya, area genital rentan mengalami iritasi dan luka kecil yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Pastikan untuk membersihkan tangan dan kuku sebelum masturbasi.

6. Mainan anak atau hewan

Masturbasi menggunakan mainan anak-anak atau hewan peliharaan juga sangat berbahaya, karena mengandung kuman dan bakteri yang membahayakan bagi kesehatan genital. Benda yang mengandung banyak bakteri dan kuman berisiko tinggi menyebabkan infeksi, iritasi dan ruam di area genital.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)