Rabu, 04 Agu 2021 05:00 WIB

Belepotan Melulu, Kenapa Pria Susah Sekali Pipis Lurus di Pagi Hari?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz
Jakarta -

Sebagian besar pria pernah merasakan susahnya pipis lurus di pagi hari. Tak jarang, pasangan ngomel-ngomel karena selalu ada bekas pipis di tepian kloset dan bahkan lantai kamar mandi.

Dikutip dari Abc.net.au, profesor urologi Nick Brook dari Royal Adelaide Hospital mengatakan, umumnya ada sedikit faktor 'kemalasan' pada kebanyakan pria untuk memastikan pipisnya 'on target'. Namun diakui, ada faktor lain yang juga berpengaruh.

Pertama, tekanan otot di area panggul cenderung lebih lemah pada pagi hari. Akibatnya, dorongan saat buang air kecil tidak cukup kuat untuk menghasilkan semburan yang lurus.

"Dan ini memburuk seiring bertambahnya usia," kata Prof Brook.

Salah satu kondisi yang memperburuk hal ini adalah perbesaran prostat.

Faktor lain yang juga sangat berpengaruh adalah ereksi yang hampir selalu terjadi di pagi hari. Hampir semua pria mengalaminya, bahkan tanpa harus ada rangsang seksual.

"Secara fisiologis, sangat sulit buang air kecil ketika sedang ereksi, tetapi hal itu bisa terjadi dan membuat pipis cenderung tidak lurus," jelasnya.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)