Selasa, 10 Agu 2021 06:35 WIB

10 Manfaat Sehat yang Didapat Jika Pasutri Rutin Bercinta

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Bercinta bagi suami istri tidak hanya berfungsi sebagai sarana reproduksi. Ada sederet manfaat kesehatan bagi yang rutin melakukan hubungan intim.

Saat berhubungan seks, ada banyak hormon yang terlibat. Aktivitas berbagai hormon tersebut selain menenangkan dan menyenangkan secara psikis, juga memperbaiki beberapa fungsi tubuh secara fisik.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan antara lain:

1. Menurunkan stres

Saat orgasme khususnya, otak dibanjiri hormon rasa senang yakni dopamin dan oksitosin. Sebaliknya, kadar hormon stres kortisol menurun.

2. Meningkatkan imun

Para ilmuwan di Wilkes University menemukan bahwa seorang wanita yang rutin berhubungan seks memiliki kadar immunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi dalam air liurnya. Artinya, daya tahan tubuhnya lebih baik dalam menangkal penyakit.

3. Menurunkan tensi darah

Tensi atau tekanan darah yang terlalu tinggi berhubungan dengan risiko masalah kardiovaskular. Rutin bercinta membuatnya lebih terkontrol.

4. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah pakar menyebut seks sebagai aktivitas fisik yang setara olahraga ringan. Rutin melakukannya bisa memberikan banyak manfaat bagi yang jarang olahraga.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Bagi yang bermasalah dengan insomnia, rutin bercinta akan membantu pelepasan hormon relaksasi seperti prolaktin. Dampaknya, tidur lebih pulas.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)