Rabu, 21 Jul 2021 21:00 WIB

Mungkinkah Kebas Permanen Gara-gara Berlebihan Pakai Tisu Magic? Ini Faktanya

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Young woman cleaning fingers and hands with wet wipes Foto: iStock
Jakarta -

Produk semacam tisu magic diklaim dapat meningkatkan performa seksual pria. Produk ini pertama kali memasuki pasar pada tahun 2017 setelah sebuah penelitian inovatif menyarankan bahwa menyeka penis dengan tisu basah dengan kandungan tertentu sebelum seks dapat menunda ejakulasi.

Di balik manfaatnya, efek samping tisu magic juga perlu diperhatikan karena dapat mengganggu kesehatan pria jika digunakan sembarangan.

Apabila digunakan dengan benar, tisu magic bisa mencegah ejakulasi dini dengan mengurangi sensitivitas pada penis, sehingga pria bisa tahan lebih lama di ranjang.

Namun, penggunaan tisu magic dalam jangka waktu lama tidak aman karena dapat mengurangi jumlah sperma secara keseluruhan. Bahkan, efek samping terburuk adalah timbulnya kemandulan.

Tisu magic mengandung bahan kimia seperti benzokain dan lidokain yang biasa digunakan sebagai obat bius dalam operasi. Bahan kimia ini dapat memiliki efek berbahaya, terutama bila dioleskan ke area intim pria. Bahan kimia dalam tisu magic dapat menghancurkan saraf dan jaringan lendir, serta membunuh sperma.

Dikutip dari Healthline, (21/7/2021) berikut adalah beberapa efek samping tisu magic pada kesehatan pria.

  • Disfungsi ereksi karena kurangnya sensasi selama hubungan seksual
  • Luka gesekan atau luka bakar karena menggosok tanpa bisa merasakan gesekan
  • Kulit mengelupas
  • Gatal
  • Kemerahan pada kulit
  • Rasa kulit terbakar

Orang yang mengalami gejala-gejala ini harus segera mencuci produk dari tangan dan alat kelamin mereka.

Food and Drug Administration (FDA) juga mengeluarkan peringatan pada tahun 2018 bahwa penggunaan tisu magic dapat dikaitkan dengan kelainan darah yang disebut methemoglobinemia.

Tisu magic pada dasarnya adalah anestesi topikal ringan. Dosis rendah dapat membantu mencegah stimulasi berlebihan pada penis dan memperpanjang hubungan seksual.

Namun, zat benzokain dalam tisu magic juga bisa mengiritasi kulit. Orang harus berhenti menggunakannya jika mereka mengalami kulit kering, gatal, atau meradang.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)