Rabu, 11 Agu 2021 06:09 WIB

10 Penyebab Miss V Berdarah Saat Bercinta, Penting agar Tak Termakan Mitos

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Perdarahan saat bercinta masih banyak dikaitkan dengan mitos keperawanan, diyakini selalu terjadi di malam pertama. Faktanya, Miss V berdarah bisa terjadi kapan saja dan tidak ada sangkut-pautnya dengan keperawanan.

Kondisi yang juga dikenal sebagai postcoital bleeding ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagian di antaranya perlu diwaspadai karena terkait kondisi yang lebih serius.

Dikutip dari Healthline, berikut di antaranya.

1. Radang serviks

Servisitis atau redang di sekitar leher rahim bisa terjadi tanpa gejala, bisa juga disertai perdarahan. Berbagai infeksi menular seksual bisa jadi pemicunya dan harus segera diobati agar tidak memburuk.

2. Kurang lubrikasi

Kenapa perdarahan sering terjadi saat pertama kali bercinta? Nervous bisa membuat lubrikasi alami tidak optimal, sehingga memicu luka. Kondisi serupa juga terjadi saat salah satu pasangan tidak merasa nyaman.

Berbagai kondisi kesehatan juga bisa mengurangi produksi lendir pelumas di organ intim, sehingga butuh pelumasan ekstra agar tidak menyebabkan luka.

3. Menjelang menstruasi

Bercak darah atau flek kerap muncul beberapa saat menjelang menstruasi. Penetrasi saat berhubungan seks bisa memicunya.

4. Polip

Pertumbuhan jaringan yang membentuk benjolan kecil bisa terjadi di leher rahim. Tidak selalu berarti kanker, bisa juga karena polip.

5. Kanker

Jika sering mengalami perdarahan saat berhubungan seks, tidak ada salahnya melakukan pap smear. Salah satu gejala yang menyertai kanker serviks adalah perdarahan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kecaman Terhadap Layanan Tes Keperawanan di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)