Jumat, 13 Agu 2021 21:08 WIB

Miss V Juga Butuh Nutrisi, Ini 3 Rekomendasi yang Perlu Banget Dicoba

Syifa Aulia - detikHealth
female hand holding a heart shape closeup Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak cara untuk membantu menjaga kesehatan vagina. Di antaranya dengan melakukan hubungan seksual yang aman, menjaga kebersihan, melakukan pemeriksaan kesehatan wanita setiap tahun, berolahraga, mengobati infeksi secepat mungkin, dan konsumsi makanan sehat.

Banyak yang tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi ternyata dapat mempengaruhi kesehatan vagina. Konsumi makanan yang sehat dapat membantu mengurangi kram, melawan infeksi, dan membuat kulit lembap.

Untuk menjaga vagina tetap sehat, para wanita dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

1. Greek Yogurt

Greek yogurt atau yogurt Yunani berada di urutan teratas dalam kategori makanan terbaik untuk wanita.

"Beberapa makanan yang paling bermanfaat yaitu yang mengandung bakteri baik," kata Bonnie Taub, mantan juru bicara The Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dikutip dari Eat This Not That pada Jumat (13/8/2021).

Probiotik merupakan bakteri baik yang berperan penting untuk suasana hati hingga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Hal itu sangat penting untuk kesehatan vagina yang dapat menyeimbangkan tingkat PH vagina.

2. Bayam

Bayam mengandung magnesium tinggi yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

"Peningkatan aliran darah mendorong darah ke ekstremitas, seperti Viagra, yang dapat meningkatkan gairah seksual," kata Psikoterapis dan Pakar Seks Tammy Nelson, PhD.

3. Kranberi

Berdasarkan studi di American Journal of Obstetrics & Gynecology, wanita yang mengonsumi pil jur kranberi selama enam minggu setelah operasi ginekologi dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

Sebab kandungan fruktosa dan proanthocyanidins (PAC) tipe A dalam buah ini disebut dapat mencegah bakteri berkumpul pada dinding kandung kemih. Jika dikonsumsi berbentuk jus, hindari memakai gula berlebih karena dapat meningkatkan kadar PH vagina, sehingga sangat rentan terkena infeksi jamur.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)