Sabtu, 14 Agu 2021 19:00 WIB

Bukan Malam Hari, Ini Waktu yang Bisa Buat Bercinta Semakin Menyenangkan

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Malam hari sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan hubungan seksual. Namun, ternyata waktu seks yang lebih menyenangkan bukan di malam hari loh.

Selain di malam hari, ternyata hubungan seks lebih menyenangkan jika dilakukan dalam rentang waktu siang sampai sore hari. Hal ini disampaikan oleh sex educator, Searah Deysach.

"Jika biasanya melakukan hubungan seks malam hari, seseorang mungkin menemukan bahwa ia memiliki lebih banyak energi di siang hari yang dapat mengarah untuk mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi sensasi baru," kata Deysach yang dikutip dari Well and Good, Sabtu (14/8/2021).

Hal ini dipengaruhi oleh tingkat hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh yang meningkat di siang hari dan hormon melatonin (hormon yang mengatur waktu tidur) yang lebih rendah dibandingkan pada malam hari.

Komponen sederhana seperti sinar matahari pada siang hari juga bisa memberikan sensasi baru saat berhubungan seks. Suasana yang dirasakan saat berhubungan seks pada malam hari dan siang hari pun berbeda sehingga bisa memberikan pengalaman baru dalam berhubungan seks.

"Seks di siang hari benar-benar dapat mengubah sensasinya [berhubungan seks]," kata seksolog Goody Howard, MSW, MPH.

Jika terbiasa melakukan hubungan seks di malam hari, lalu menjadi terangsang di tengah hari dan ingin melakukan hubungan seksual bisa jadi tanda bahwa seseorang ingin mencoba hal baru di luar rutinitasnya atau di luar kebiasaan sehari-hari.

"Keluar dari rutinitas dan kebiasaan membuat jalur saraf baru, sehingga otak menjadi bersemangat dan seluruh tubuh berfokus pada aktivitas saat ini."

Hal itu pula yang menjelaskan mengapa berganti posisi atau berpindah ruangan saat berhubungan seks dapat membangkitkan gairah.

Selain itu, seks di siang atau sore hari memberikan manfaat bagi tubuh, agar lebih rileks dan segar. Menurut Deysach, seks dapat bermanfaat untuk meredakan stres dan meredakan ketegangan dalam tubuh saat beraktivitas di pagi hari.

"Hormon yang dilepaskan saat orgasme dapat memberikan fokus, kejelasan, dan dorongan energi," kata Deysach.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)