Kamis, 19 Agu 2021 19:30 WIB

Bisa Berbeda-beda, Ternyata Ini yang Mempengaruhi Ukuran Kedalaman Vagina

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
peterseli dimasukin ke vagina Apa yang mempengaruhi kedalaman ukuran vagina? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Vagina merupakan organ reproduksi wanita. Sama seperti organ tubuh lainnya, vagina juga memiliki variasi ukuran bentuk dan kedalaman.

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Obstetrics and Gynecology mengatakan rata-rata kedalaman vagina adalah sekitar 3,77 inci atau 9,6 cm.

Namun, kedalaman dan bentuk vagina bisa sangat bervariasi pada setiap wanita. Bahkan, ada yang kedalamannya dari bibir vagina hingga rahim bisa mencapai 7 inci atau 17,7 cm.

Perlu diketahui, vagina adalah saluran yang menghubungkan antara rahim, leher rahim, dan bagian terluarnya, seperti vulva. Bagian vulva ini termasuk labia mayora (bibir vagina luar) dan labia minora (bibir vagina bagian dalam).

Bentuk penampilan vulva pun bisa berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang warnanya sama dengan kulit tubuhnya, atau lebih gelap.

Apa yang mempengaruhi ukuran vagina?

Ukuran dan kedalaman vagina dapat berubah dalam kondisi tertentu. Vagina dapat merenggang untuk menyesuaikan penyisipan tampon, jari, atau penis.

Saat wanita bergairah, darah akan mengalir lebih banyak ke vagina. Hal ini dapat menyebabkan vagina memanjang dan rahim terangkat sedikit, sehingga memungkinkan penis atau mainan seks masuk ke dalam vagina.

Bagaimana ukuran vagina berubah dari waktu ke waktu?

Hingga saat ini, penelitian belum menemukan hubungan antara kedalaman vagina dengan usia wanita.

Namun, labia atau bibir vagina mungkin tampak mengecil dari waktu ke waktu. Hal ini karena jumlah estrogen dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, yang dapat mengurangi lemak dan kolagen.

Vagina juga dapat berubah warna, menjadi lebih terang atau lebih gelap seiring berjalannya waktu, tergantung dari perubahan hormonal.

Kemudian, beberapa wanita mungkin merasa perubahan ukuran vagina setelah melahirkan. Namun, perubahan ini tidak bersifat permanen. Penelitian pun tidak menemukan perbedaan ukuran vagina antara wanita yang sudah pernah melahirkan dan yang belum.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)