Kamis, 19 Agu 2021 21:11 WIB

Susah Menahan Pipis Saat Bercinta, Apa Bahayanya? Ini Kata Dokter

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Kesulitan untuk menahan kencing sampai mengompol ternyata tidak hanya terjadi pada lansia. Wanita dan pria dewasa pun bisa mengalaminya dan berpengaruh pada hubungan seksual.

Ketua Perkumpulan Kontinensia Indonesia (PERKINA), Prof dr Harrina Erlianti Rahardjo, SpU(K), PhD menjelaskan efeknya bagi wanita. Menurutnya, gangguan menahan kencing ini bisa mengganggu hasrat wanita untuk berhubungan seksual.

"Nantinya mungkin merasa takut, malu, karena tidak bisa menahan pipis akhirnya desire-nya terganggu," terangnya.

Akibatnya, fase rangsangan dan orgasme juga akan terganggu. Belum lagi, sulit menahan kencing bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Ini bisa menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri.

"Fase rangsangan akan terganggu. Belum lagi gangguan nyeri. Ketika infeksi, mengompol dan berhubungan jadi nyeri," lanjut dr Harrina.

Lalu pada pria, gangguan menahan kencing ini juga dapat menganggu libido, fase rangsangan, dan fase orgasme.

Dr dr Nur Rasyid, SpU(K), dari Departemen Medik Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) menyebut gangguan berkemih akan bertambah seiring bertambahnya usia.

Saat usia bertambah, produksi hormon akan terganggu. Hal ini bisa menyebabkan gangguan ereksi meski tidak berhubungan secara langsung.



Simak Video "Strategi Menkes dan Mendikbud Jaga Keberlangsungan PTM Tetap Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)