Minggu, 29 Agu 2021 05:00 WIB

Penting! Yang Boleh dan Tak Boleh Saat Bumil Ingin Bercinta

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Beberapa orang mungkin ragu dan cenderung menghindari berhubungan intim saat sedang hamil. Sebenarnya tidak ada masalah serius yang bisa terjadi jika seseorang berhubungan saat sedang hamil, tetapi memang ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Mayoclinic, berhubungan intim selama kehamilan tidak akan memicu keguguran. Sebagian besar keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal.

Di dalam kandungan, bayi dilindungi oleh cairan ketuban dan otot-otot rahim yang kuat. Sehingga, aktivitas seksual tidak akan memengaruhi kondisi bayi. Kecuali, jika si ibu mengalami komplikasi seperti persalinan prematur atau masalah plasenta.

Di masa kehamilan, seseorang mungkin mengalami perubahan pada tingkat kenyamanan dan hasrat seksualnya. Oleh karena itu, jika seseorang merasa tidak nyaman untuk berhubungan saat hamil, maka menghindarinya bisa jadi pilihan yang tepat.

Biasanya, ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat seseorang harus menghindari berhubungan intim saat hamil. Berikut di antaranya:

  • Ibu mengalami pendarahan
  • Cairan ketuban bocor
  • Serviks mulai terbuka sebelum waktunya (inkompetensi serviks)
  • Sebagian atau seluruh plasenta menutupi pembukaan serviks (plasenta previa)
  • Ibu memiliki riwayat persalinan prematur atau kelahiran prematur

Selain itu, pasangan juga harus berhati-hati jika berhubungan di masa kehamilan. Pasalnya, stimulasi payudara, orgasme wanita, dan hormon tertentu dalam air mani yang disebut prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah kondisi jika pasangan memiliki infeksi menular seksual. Infeksi menular seksual selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ibu dan bayi.

Namun jika seseorang merasa nyaman dan kondisi kesehatannya baik, maka lakukan saja. Beberapa posisi seks juga diperbolehkan selama masa kehamilan.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)