Kamis, 02 Sep 2021 19:33 WIB

Tumbuh Rambut di Sekitar Puting Payudara, Normalkah?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Beberapa wanita mungkin mengalami tumbuhnya rambut di sekitar puting payudara. Namun tak perlu khawatir, karena tumbuhnya rambut di sekitar puting payudara adalah hal yang normal.

Seperti bagian tubuh lainnya, area payudara juga mungkin ditumbuhi rambut. Umumnya, rambut ini tumbuh di sekitar areola alias lingkaran di sekitar puting.

"Tumbuh rambut di sekitar puting merupakan hal yang umum terjadi pada wanita," ujar Joshua Zeichner, MD, dokter kulit sekaligus direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi dari Mount Sinai Medical Center, dikutip dari Self, Kamis (2/11/2021).

Meski umum dialami oleh banyak wanita, belum ada penelitian khusus yang menemukan apa fungsi dari rambut yang tumbuh di dekat puting tersebut. Namun, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rambut bisa tumbuh pada areola.

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, jumlah serta ketebalan rambut yang tumbuh pada payudara juga berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa wanita mungkin mengalami pertumbuhan rambut saat mengalami adanya perubahan hormon, seperti saat masa kehamilan.

Menurut Sherry A Ross, MD, ahli kesehatan wanita, lonjakan estrogen yang terjadi saat masa kehamilan dapat memperpanjang masa pertumbuhan rambut. Sebagai contoh, wanita hamil akan mengalami pertumbuhan rambut di kepala yang lebih cepat dari biasanya. Hal yang sama juga terjadi pada rambut puting.

Dr Ross menjelaskan, apabila rambut yang tumbuh lebih banyak dari biasanya, maka bisa saja menjadi tanda terjadinya PCOS (polycystic ovary syndrome) atau kondisi yang disebabkan oleh meningkatnya hormon pria pada wanita, seperti testosteron.

Tetapi, seseorang yang punya rambut di sekitar puting tidak berarti ia mengalami PCOS. Sebab, biasanya PCOS juga diikuti oleh sejumlah gejala, seperti jerawat yang parah dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Jika seseorang merasa tidak nyaman karena tumbuhnya rambut di sekitar payudara, maka tidak masalah kalau ingin mencabutnya. Namun, lakukan dengan hati-hati karena kulit payudara lebih mudah terkena iritasi.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)