Selasa, 14 Sep 2021 06:41 WIB

Round Up

Tudingan Seks Menyimpang Ayah Taqy Malik, Risiko Kanker hingga Infeksi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Mansyardin Mali, ayah Taqy Malik, diterpa kabar tak sedap. Ia dituduh berperilaku seks menyimpang yang berdampak pada kerusakan organ intim sang istri siri, Marlina Octoria.

Perilaku seks menyimpang yang dituduhkan kepada Mansyardin memiliki sejumlah risiko. Praktisi kesehatan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyebutnya rentan infeksi, terlebih jika disertai pemaksaan.

"Anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk menerima masuknya benda asing dari luar. Anus berperan sebagai tempat lewatnya feses atau kotoran, sehingga jelas bahwa anus bisa menjadi sumber infeksi," jelas dr Ari kepada detikcom, Senin (13/9/2021).

Soal kerusakan organ intim yang diklaim oleh pengacara mencapai stadium 4, dr Ari menyebut penggunaan istilah 'stadium' umumnya digunakan pada kondisi lain seperti kanker. Namun ia membenarkan bahwa kerusakan serius bisa terjadi akibat seks menyimpang.

"Akibat yang paling berbahaya dari anal sex ini adalah terjadi kanker anus," kata dr Ari.

Seks menyimpang bisa memicu kanker anus karena berisiko menularkan human pappiloma virus (HPV), virus yang sama dengan penyebab kanker serviks. Jenis kanker ini lebih banyak ditemui di bawah usia 30 tahun.

Sementara itu, psikolog Joice Manurung menyoroti kecenderungan pelaku seks menyimpang untuk menikmati benda asing yang masuk ke bagian tubuh yang tidak semestinya. Terlebih, area dubur memiliki banyak saraf sensitif.

"Ada beberapa faktor yang bisa melatarbelakangi secara sederhana kita tahu area dubur terdapat ujung saraf sensorik yang sensitif jika ada benda asing yang masuk dari luar hal tersebut bisa memunculkan sensasi kenikmatan secara seksual dan ini lah yang membuat pelakunya merasa bergairah dan ingin melakukan hal itu secara berulang," kata Joice.

Ia juga mengaitkannya dengan kemungkinan olfaktolia. Pada kondisi ini, seseorang mendapatkan sensasi kenikmatan dari aroma atau bau tertentu yang dimiliki oleh pasangannya.

"Olfaktofilia adalah kenikmatan seksual yang didapatkan dari bau yang melekat atau dimiliki oleh pasangannya jadi bau ini umumnya berasal dari dubur, alat kelamin, bawah ketiak," jelas Joice.

(up/up)