Kamis, 16 Sep 2021 19:45 WIB

Normal Nggak Sih Mimpi Basah di Usia Dewasa? Ini Kata Pakar

Firdaus Anwar - detikHealth
Close-up Of A Mans Hand On His Crotch Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Mimpi basah adalah ejakulasi sperma yang terjadi saat seorang pria tidur. Biasanya mimpi basah diyakini sebagai tanda anak laki-laki beranjak dewasa, namun normalkah bila hal ini juga terjadi pada orang-orang yang lebih tua?

Urolog dr Jamin Brahmbhatt dari Orlando Health South Lake Hospital menjelaskan mimpi basah pada dasarnya adalah orgasme yang di luar kendali. Beberapa studi menyebut frekuensi mimpi basah bisa berkaitan dengan frekuensi aktivitas seksual, seperti masturbasi, hingga tingkat hormon testosteron.

Menariknya tidak semua kejadian mimpi basah didahului oleh pikiran tentang seks.

"Tidak semua mimpi basah terjadi saat seseorang memimpikan hal yang erotis atau didorong stimulasi seksual," kata dr Jamin seperti dikutip dari Men's Health, Kamis (16/9/2021).

Oleh karena itu sebenarnya wajar bila pria yang sudah dewasa mengalami mimpi basah. Hanya saja memang frekuensinya mungkin tidak sesering para remaja dengan kondisi hormon testosteron yang tinggi.

Peneliti seks Alfred Kinsey, Wardell Pomeroy, dan Clyde Martin dalam buku "Sexual Behavior in the Human Male" melaporkan rata-rata pria lajang di usia 40 tahun bisa mengalami satu mimpi basah setiap enam minggu.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)