Jumat, 17 Sep 2021 21:41 WIB

Seks Anal, Termasuk Variasi Seksual atau Penyimpangan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Seks anal, variasi atau penyimpangan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Seks anal menjadi salah satu variasi hubungan seksual yang dipilih pasangan. Tapi banyak juga yang berangapan bahwa aktivitas ini merupakan penyimpangan. Bagaimana sebetulnya?

"Variasi seksual adalah aktivitas seksual yang dilakukan dalam konteks yang sehat, tidak menimimbulkan akibat buruk. tapi ketika variasi itu kemudian menimbulkan akibat buruk maka tentu kita harus hindari itu," kata seksolog dr Wimpie Pangkahila, saat berbincang dengan e-Life detikcom, Jumat (17/9/2021).

Variasi seksual bisa beragam. Mulai dari rangsangan antar pasangan dengan sentuhan tangan atau bibir, sampai pilihan posisi seksual. Tak jarang pasangan melakukan variasi seksual agar hubungan percintaannya tidak membosankan.

Ditegaskan, selama aktivitas seksual yang dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak dan tidak menimbulkan risiko tinggi, itu termasuk variasi. Berbeda jika aktivitas seks yang dilakukan berdampak pada kesehatan pasangan.

"Selama itu dilakukan kedua belah pihak dengan persetujuan, itu variasi. Tapi ketika menimbulkan akibat buruk, itu bukan variasi," jelas dr Wimpie.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)