Kamis, 23 Sep 2021 20:30 WIB

Sperma Bau Pandan? Ini Arti Bau Sperma Berdasarkan Jenisnya

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi sperma Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Benarkah sperma bau pandan? Jawabannya belum tentu. Perlu diketahui, sperma memiliki bau yang khas dan berbeda-beda pada setiap laki-laki. Mungkin ada yang mengira jika sperma bau pandan.

Faktanya, sperma bau pandan itu termasuk ke dalam jenis bau yang manis. Dikutip dari Medical News Today, sperma biasanya memiliki tingkat pH yang sama dan normal pH-nya antara 7,2 hingga 7,8. Bau yang manis itu dapat terjadi karena mengandung fruktosa. Kenali jenis-jenis bau sperma dan artinya:

1. Bau menyengat

Bau sperma yang menyengat atau seperti bau busuk bisa disebabkan oleh bakteri dan kuman. Hal ini dapat menjadi tanda infeksi atau penyakit menular seksual.

2. Bau manis

Bau manis artinya mengandung fruktosa. Ini dapat menjadi peringatan dini dari penyakit diabetes. Sebuah studi mengatakan, laki-laki yang mengidap diabetes memiliki lebih banyak kandungan gula dalam spermanya. Bahkan baunya bisa menjadi sangat manis dari biasanya.

3. Bau amis

Bau amis termasuk ke dalam kondisi yang tidak normal. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa seseorang mengidap penyakit infeksi menular seksual.

Faktor penyebab bau sperma

Bau sperma dapat berubah jika tercampur dengan zat lain, misalnya urin atau keringat. Ketika sperma mengering, baunya juga berbeda dan lebih kuat dibandingkan kondisi yang basah. Selain itu, tingkat pH yang berubah dalam sperma juga dapat mempengaruhi bau.

Tanda-tanda harus konsultasi ke dokter

Perlu diketahui, bau sperma dapat menjadi tanda seseorang mengidap penyakit. Tanda-tanda di bawah ini dapat menjadi peringatan bahwa seseorang harus segera menemui dokter.

- Sperma tiba-tiba berbau busuk
- Memiliki bau yang sangat manis
- Terdapat darah pada sperma
- Sakit saat ejakulasi
- Sering buang air kecil pada malam hari
- Penis menjadi gatal
- Keluar cairan yang tidak biasa dari penis
- Terdapat benjolan di area penis



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)