Sabtu, 25 Sep 2021 21:00 WIB

4 Hal yang Wajib Diketahui Pasangan Saat Pertama Kali Bercinta

Syifa Aulia - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Berhubungan seksual menjadi kebutuhan biologis setelah menikah. Saat baru pertama kali berhubungan seksual, mungkin banyak hal yang bisa terlintas di pikiran. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana caranya? Apakah itu sakit? Dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Sebagian orang mungkin masih belum menemukan jawaban dari pertanyaan yang ada di benaknya. Perlu diketahui, tubuh akan berkeringat dan bernapas berat saat berhubungan seksual. Vulva juga bisa membengkak karena aliran darah meningkat.

Setelah aktivitas tersebut, tubuh akan kembali normal dan tidak ada tanda-tanda telah berhubungan seksual. Dikutip dari Flo, hal-hal di bawah ini harus diketahui sebelum melakukan hubungan seksual.

Apakah itu sakit?

Jika tubuh rileks dan melakukannya dengan cara yang benar, berhubungan seksual saat pertama kali tidak akan menyakitkan. Namun, tetap bisa muncul perasaan tidak nyaman.

Jika terasa sakit, hal itu bisa disebabkan oleh gesekan selama penetrasi. Cara mengatasinya dengan menggunakan pelumas atau melakukan foreplay sebelum mulai.

Apakah akan mengalami orgasme?

Bagi beberapa orang, orgasme sulit tercapai karena perasaan gugup dan canggung saat pertama kali mencoba. Itu adalah hal yang wajar terjadi. Tapi, umumnya seseorang akan mengalami orgasme saat berhubungan seksual.

Apakah bisa hamil saat pertama kali mencoba?

Aktivitas ini tidak menyebabkan kehamilan jika menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu, jika perempuan belum mengalami ovulasi, maka kecil kemungkinannya untuk hamil.

Cara mengurangi kecemasan saat seks pertama kali

Seks pertama kali terkadang membuat pasangan menjadi cemas atau gugup. Untuk mengurangi perasaan cemas, lakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Komunikasi dengan pasangan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan mendapat kepuasan psikologis dan fisik jika berhubungan seksual dengan pasangan yang disukai dan dapat dipercaya. Hal ini bisa membuat diri merasa aman dan bisa mengendalikan situasi.

2. Tempat yang nyaman
Pilih tempat yang nyaman agar bisa menikmati momen bersama. Hal ini diyakini bisa mengurangi rasa cemas.

3. Pemanasan
Melakukan pemanasan seperti foreplay dapat membantu untuk mengurangi perasaan cemas. Cara ini juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan terangsang.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)