Selasa, 28 Sep 2021 19:30 WIB

Ini 7 Manfaat Rutin Bercinta Bagi Kesehatan Wanita

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa aktivitas seksual, seperti berhubungan intim, hanyalah sekadar pemuas hasrat seksual. Faktanya, bercinta bisa memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Dikutip dari Mind Body Green pada Selasa (28/9/2021), saat seorang wanita orgasme atau melakukan aktivitas seksual lain, tubuhnya akan mengalami peningkatan hormon estrogen. Hormon ini memiliki manfaat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Simak manfaat rutin berhubungan seks rutin bagi kesehatan di bawah ini:

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara seksual cenderung memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi karena kadar hormon meningkat selama orgasme. Dokter kulit holistik Keira Barr menjelaskan hormon estrogen merupakan kunci dari kulit rambut yang sehat dan normal

"Ini juga berperan dalam mendukung fungsi batasan kulit normal, menjaga hidrasi kulit, menjaga produksi kelenjar minyak, meningkatkan penyembuhan luka, dan memodulasi peradangan," jelasnya.

2. Membuat awet muda

Dokter Barr menjelaskan manfaat dari produksi hormon estrogen juga bisa membuat kulit tampak awet muda dan sehat.

"Estrogen meningkatkan produksi kolagen, ketebalan kulit, dan produksi asam hialuronat, membuat kulit tampak awet muda dan kenyal," kata Barr kepada mbg.

Tak hanya itu, orgasme juga menyebabkan pelepasan oksitosin yang bisa menurunkan tingkat stres. Sebuah studi yang dilakukan kepada lebih dari 3.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berhubungan seks tiga kali seminggu tampak tujuh sampai 12 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

3. Membuat kulit tampak lebih cerah

Hubungan intim merupakan bentuk aktivitas fisik yang bisa membakar kalori dan meningkatkan pelepasan oksida nitrat. Selain itu, seks dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Inilah yang bisa menyebabkan kulit tampak lebih cerah setelah berhubungan seks.

"Apa yang membantu kulit lebih cerah setelah berhubungan seks adalah bahwa hampir setiap sel di kulit dapat membuat oksida nitrat yang merupakan kunci untuk menjaga aliran darah," papar dr Barr.

4. Mengurangi stres dan jerawat

Penelitian menemukan bahwa pasangan yang berada dalam hubungan yang sehat dan rutin berhubungan intim memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

"Sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) melepaskan hormon pelepas kortikotropin (CRH). Ketika CRH diproduksi, itu meningkatkan produksi dan pertumbuhan kelenjar minyak, serta peradangan. Sekresi kelenjar minyak dan peradangan adalah dua kontributor utama pembentukan jerawat," tuturnya.

Dengan kata lain, mengelola stres dapat menurunkan kemungkinan timbulnya jerawat akibat stres.

5. Membantu mengatasi gejala menopause

Saat seseorang masuk dalam masa menopause, kadar estrogen secara alami menurun. Jika rutin berhubungan seks atau orgasme dapat meningkatkan produksi estrogen sehingga mencegah gejala menopause.

"Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kulit wanita kehilangan sekitar 30% kolagennya selama lima tahun pertama menopause dan sekitar 2% kolagen mereka setiap tahun setelahnya selama 20 tahun ke depan," tambahnya.

Di samping itu, berhubungan seks secara rutin dapat meningkatkan produksi estrogen dan elastisitas pada vagina sehingga dapat mengurangi rasa nyeri saat berhubungan seks.

6. Mungkin bisa membuat payudara terlihat lebih besar

Menurut dr Michael Roizen, sebagai ahli anestesi, payudara bisa membesar sementara hingga 25 persen saat berhubungan seks. Tinggi puting juga bisa bertambah atau mengalami ereksi melalui stimulasi. Perubahan ini terjadi karena peningkatan aliran darah selama aktivitas seksual.

Payudara akan kembali ke ukuran normal setelah orgasme.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Secara tidak langsung, rutin berhubungan seks juga dapat meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan dan membuat seseorang lebih mudah menikmati seks.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)