Senin, 18 Okt 2021 20:36 WIB

Aman Nggak Sih Bersihkan Miss V Pakai Sabun? Ini Kata Ahli

Syifa Aulia - detikHealth
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Kesehatan vagina merupakan hal penting yang harus dijaga oleh perempuan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina. Salah satunya membersihkan vagina dengan air secara teratur.

Tetapi, bolehkah menggunakan sabun untuk membersihkan vagina? Banyak perempuan yang mungkin masih tidak paham mengenai hal ini. Apakah sabun aman digunakan atau justru berbahaya?

Dikutip dari Healthshots, Senin (18/10/2021), Direktur Departemen Obstetri dan Ginekologi di Fortis, Gurugram, India, dr Nupur Gupta, mengatakan menjaga kebersihan vulva sangat penting untuk dilakukan.

"Mencuci vulva membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan pH vagina Anda," katanya.

Ia menyebut membersihkan vulva dengan sabun aman dilakukan. Asalkan tidak mengandung bahan kimia dan tidak memiliki aroma yang kuat. Selain itu, dr Nupur menyarankan untuk membersihkan bagian luar dan jauhkan dari lubang vagina.

Berapa kali vulva dibersihkan?

Menurut dr Nupur, vulva dapat dibersihkan setiap hari menggunakan sabun dan air hangat. Namun, hindari membersihkan vulva jika sedang mengidap infeksi. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan jika memiliki infeksi.

Cara membersihkan vulva

Ia menyarankan untuk selalu membersihkan vulva dari depan ke belakang. Jika dilakukan arah sebaliknya, bakteri dapat masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.

Selanjutnya, keringkan kemaluan Anda setelah terkena air menggunakan handuk lembut atau tisu. Ingat, bersihkan vulva secara teratur untuk menghindari infeksi.



Simak Video "Membandingkan Efektivitas Sabun Berbusa vs Tak Berbusa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)