Senin, 18 Okt 2021 21:15 WIB

Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Usai Sesi Bercinta

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Setelah menjalani malam penuh gairah, tak sedikit pasangan yang memilih langsung tidur atau sekadar berpelukan dengan pasangan. Padahal, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah bercinta.

Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama alat kelamin agar terhindar dari infeksi atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikutip dari Flo, Senin (18/10/2021), berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah berhubungan seks.

1. Periksa alat kontrasepsi

Hal ini penting untuk mengetahui apakah alat kontrasepsi atau kondom mengalami kerusakan atau tidak. Insiden ini jarang terjadi apabila kondom disimpan dan digunakan dengan benar, tetapi bukan tak mungkin kondom mengalami kerusakan.

Satu studi menemukan bahwa 7,3 persen pria merobek kondom selama aplikasi atau penggunaan, dan 4,4 persen melaporkan kondom terlepas selama hubungan seksual.

Bagi pasangan yang ingin menunda memiliki anak, ini tentu menjadi langkah penting yang harus dilakukan selesai berhubungan seks supaya langkah-langkah pencegahan dapat segera dilakukan, seperti mengonsumsi pil KB atau mulai mengawasi siklus menstruasi.

2. Membersihkan alat seks

Jika menggunakan alat-alat atau sex toys selama berhubungan intim, pastikan untuk membersihkan alat tersebut selesai berhubungan seks. Caranya dengan mencuci menggunakan air panas dan sabun atau bersihkan sesuai anjuran dalam produk. Apabila tidak dibersihkan dengan baik mainan seks dapat menyebarkan jamur, virus, dan bakteri yang berpotensi memicu infeksi menular seksual (IMS).

Selain dua hal yang harus dilakukan tersebut, ada juga hal yang harus dihindari usai berhubungan seks. Sebagai contoh menyemprotkan vagina dengan cairan pembersih.

Membersihkan atau menyemprotkan vagina dengan larutan atau campuran air dengan sabun sangat tidak disarankan untuk dilakukan usai berhubungan intim.

Produk sabun untuk vagina atau sejenisnya seringkali mengandung wewangian atau bahan antibakteri yang dapat mengganggu kesimbangan mikroba alami vagina. Penggunaan produk ini pun tidak dianjurkan oleh kebanyakan dokter.

Sebab, secara alami vagina dapat membersihkan sendiri. Penggunaan sabun keras atau zat berbahaya lainnya dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat. Para ahli menyarankan untuk membersihkan dengan lembut di sekitar area genital cukup dengan air hangat.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)