Selasa, 02 Nov 2021 21:00 WIB

Alami Salah Satunya? Ini 6 Ciri-ciri Mr P yang Tak Sehat

Astika - detikHealth
ilustrasi ereksi Ciri-ciri Mr P yang tidak sehat yang wajib diwaspadai. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kesehatan penis menjadi perhatian banyak laki-laki. Selain ditujukan untuk menunjang kepuasan saat melakukan aktivitas seksual juga untuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

Namun ternyata terdapat permasalahan kesehatan yang memiliki hubungan dengan kondisi penis. Seperti adanya infeksi hingga risiko terkena kanker.

Dikutip dari Health, para suami perlu waspada jika mengalami salah satu dari 6 ciri-ciri mr p yang tidak sehat seperti berikut.

1. Ada benjolan di bawah kulit

Benjolan di bawah kulit penis dapat diakibatkan pembuluh darah, kelenjar getah bening yang tersumbat, atau jaringan parut. Walaupun tidak selalu menandakan sebuah kanker, jika menemui kondisi ini disarankan melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Beruntusan

Beruntusan atau kondisi munculnya beberapa benjolan kecil dapat disebabkan adanya lesi jinak, jerawat di penis, kista, atau penyakit kutil kelamin yang berhubungan dengan penyakit Human Papillomavirus (HPV).

3. Penis membengkok saat ereksi

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan jaringan parut (penyakit Peyronie) sehingga membuat penis membengkok saat ereksi. Jika membengkok lebih dari 30 derajat dan mengganggu hubungan seksual maka disarankan untuk konsultasi ke dokter. Sebuah penelitian pada tahun 2017 di Fertility & Sterility mengungkapkan bahwa kondisi Peyronie dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

4. Penis terasa sakit

Rasa sakit di penis dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi. Termasuk seperti penyakit sifilis dan herpes yang menyebabkan luka.

5. Ada benjolan di testis

Benjolan di testis dapat diakibatkan oleh infeksi dan kondisi testis atau buah zakar terplintir. Selain itu, juga bisa menjadi tanda adanya sel kanker di testis.

6. Bermasalah saat buang air kecil

Masalah yang bisa muncul seperti ditemukan darah dalam urine yang bisa diakibatkan oleh kanker, batu ginjal, infeksi kandung kemih, ataupun luka di sekitar penis. Kondisi kesulitan buang air kecil juga menjadi salah satu ciri-ciri mr p tidak sehat, dapat menjadi tanda terjadinya pembesaran prostat yang jinak (penyakit BPH), maka disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)